fbpx
Kabar Daerah

Bangun Proyek Pembangkit Listrik Tenaga Sampah, DLH Kota Semarang: Puluhan Investor Berminat!

SEMARANG, energibangsa.id – Sejumlah investor menunjukkan minatnya untuk membangun Proyek pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) di Kawasan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Jatibarang.

Hingga saat ini kajian atau Financial Business Case (FBC) masih belum selesai. Diharapkan pada tahun 2021 sudah mulai masuk lelang dan pembangunannya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Semarang, Sapto Adi Sugihartono menyampaikan sampai saat ini kajiannya belum selesai.

Meski begitu, diharapkan pembangunannya segera terwujud pada tahun 2021.

“Tahun 2021 ini, direncanakan sudah mulau proses lelang proyek PLTSa Jatibarang. Dari lelang itu, nanti siapa yang akan mengelola PLTSa ini,” katanya, Selasa (2/3/2021).

Banyak puluhan investor minat

Sapto menambahkan, saat ini sudah ada puluhan investor yang menyampaikan minatnya untuk menjadi patner pemerintah kota Semarang dalam pengelolaan PLTSa Jatibarang.

Sehingga, dengan adanya proyek PLTSa Jatibarang bisa mengurangi produksi sampah 1000 ton per hari.

“Nantinya, kapasitas PLTSa ini bisa menghasilkan listrik sebesar 20 megawatt. Kapasitas ini, lebih besar dari PLTSa sebelumnya dengan teknologi landfill Gas, yang hanya sebesar 800 kilowatt,” katanya.

Sementara itu, Perwakilan Hanlang, Piang Awal Kalim, menuturkan rencana pembangunan PLTSa di TPA Jatibarang pada awal tahun 2021. Dan 2023 sudah operasional. (Nicola/EB)

Related Articles

Back to top button