KesehatanRagam Bangsa

Bangun Kesiangan Ternyata Melambangkan Kecerdasan

ENERGIBANGSA.ID – Kabar gembira bagi Anda yang biasa bangun siang, karena berdasarkan sebuah riset terbaru, malas bangun pagi tidak selalu berarti buruk, malah bisa jadi itu adalah tanda kecerdasan Anda.

Jaman dulu sulit bangun pagi disebut berhubungan dengan menentang kebiasaan nenek moyang kita yang punya keyakinan bahwa bangun siang adalah tanda malas.

Nah, dari hasil studi penelitian di Inggris, kebanyakan orang zaman dulu tidur lebih awal dan bangun lebih pagi. Tapi menurut peniliti Satoshi Kanazawa dan Kaja Perina kini zaman berubah, kita mungkin akan tidur lebih larut sehingga bangunpun lebih siang.

Kebiasaan ini disebut sebagai tanda jika kita telah menyesuaikan pola tidur dengan kehidupan modern, dan itu adalah tanda kecerdasan.

Satosi Kanazawa dan Kaja Perina menyebut bahwa manusia saat ini jauh lebih baik beradaptasi untuk hidup (dan tidur) dibandingkan nenek moyang, yang merupakan pertanda kecerdasan luar biasa.

Hal tersebut semakin dikuatkan oleh penelitian University of Southhampton yang membandingkan keadaan sosial ekonomi 1.229 pria dan wanita dengan pola tidur mereka. 

Orang-orang yang disebut “burung hantu” (karena mereka tidur setelah 11 malam dan bangun setelah jam 8 pagi) memiliki penghasilan lebih banyak dan gaya hidup yang lebih nyaman secara umum.

Sebagaimana pernah dilansir Tirto.id, Franzis Preckel dari Universitat Trier, Jerman, dan beberapa rekan lintas universitas lain pada 2011 menerbitkan hasil meta-analisis tentang hubungan antara waktu tidur seseorang dengan kemampuan akademisnya.

Hasilnya menyatakan bahwa orang yang bangun siang justru memiliki kekuatan memori, insting kecepatan, dan kemampuan kognitif yang lebih baik.

Orang-orang yang bangun siang lebih terbuka pada pengalaman baru, demikian menurut publikasi ilmiah Christoph Randler dari University of Tübingen dan rekan-rekannya yang dimuat di SAGE Open, Agustus tahun lalu.

Pada penelitian lain juga ditemukan bahwa orang yang bangun siang lebih punya kemungkinan lebih besar untuk mengeksplorasi pengalaman baru tersebut dibanding orang yang bangun pagi.

Sayangnya, ini tidak berarti kita harus menghabiskan waktu kita di tempat tidur. Meskipun ‘burung hantu malam’ lebih bahagia dan lebih pintar, masih ada faktor risiko yang signifikan yang berkaitan dengan tidur terlalu lama. 

Namun kabar buruknya adalah menurut laman Independent, orang yang menghabiskan 12 jam atau lebih di tempat tidur telah terbukti memiliki risiko kematian dini yang jauh lebih tinggi.

jadi, Sobat energi bangsa tetap menjaga pola tidur yang standar ya, jangan terlalu siang bangunnya nanti jadi terlalu cerdas. hehe

Related Articles

Back to top button