fbpx
Daerah

Bangganya, Kota Magelang Juara I Hemat Listrik dan Air

ENERGIBANGSA.ID (Magelang) – Kota Magelang menyabet Juara I Penghargaan Hemat Energi Listrik dan Air Tahun 2020. Kategori Instansi Pemerintah Kabupaten/Kota se-Jawa Tengah. Kali ini, Kota Magelang kembali menorehkan prestasi di tingkat Provinsi Jawa Tengah.

Penghargaan diberikan oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kepada Wakil Wali Kota Magelang Windarti Agustina. Bertepatan pada kegiatan peringatan HUT ke-70 Provinsi Jawa Tengah, di Semarang, Sabtu (15/8/2020).

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kota Magelang Arif Barata Sakti menjelaskan, Balitbang ditunjuk mewakili Kota Magelang. Karena memiliki Inovasi terkait Penghematan Energi Listrik Air dan BBM. Pihaknya lolos setelah mengikuti seleksi dan penilaian daring pada 6 Juli 2020 lalu.

“Gerakan hemat energi dan air yang ada di balitbang kemudian tertuang dalam sebuah komitmen bersama. Yang ditandatangani oleh seluruh unsur ASN dan pelaksana di Balitbang. Pada tanggal 29 Maret 2018,” jelas Arif sebagaimana dikutip dari situs resmi Pemprov Jateng.

Kemudian, inovasi unggulan hemat energi di Balitbang adalah PLTJR on Grid, yang merupakan hasil Krenova. Masyarakat tahun 2018 hasil karya dari Patra Agung Wirayuda.

Inovasi ini berupa pemasangan panel surya penghasil listrik yang langsung terintegrasi atau diintegrasikan dengan meteran listrik di kantor Balitbang melalui sebuah converter (ICA) yang mengubah arus litrik dari AC menjadi DC.

Keunggulan dari alat tersebut adalah mampu menciptakan sumber energi terbarukan dengan sinar matahari yang tidak akan pernah habis, mampu menghasilkan sumber pendapatan dari hasil penangkapan sinar matahari menjadi energi, dan sebagai sumber energi alternatif untuk masa depan.

“Dengan alat yang memanfaatkan sinar matahari ini, sangat membantu penghematan yang cukup signifikan. Data pemakaian listrik dan air tiap bulan listrik bisa terpantau dengan baik,” jelas Arif. (buddy/EB/jatengprov).

Related Articles

Back to top button