fbpx
Ekonomi & Bisnis

Bangga! Sekali Menguat, Rupiah Jadi Juara Asia

ENERGIBANGSA.ID (Semarang) – Pada Rabu (19/8), nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika Serikat menguat 0.81% dibanding hari sebelumnya.

Rupiah Jadi Juara
Ilustrasi penguatan rupiah atas dollar

Saat ini kurs tegah BI yang menjadi kurs acuan Jakarta Interbank Spot Dollar Rate berada di Rp 14.786. Sementara di pasar spot, rupiah juga menunjukkan warna hijau.

Pada pukul 10:00 WIB (19/8), rupiah menguat 0,38% ke Rp 14.774/US$. Hal ini membuat rupiah perkasa di perdagangan pasar spot.

Sebenarnya mayoritas mata uang utama Asia cenderung menunjukkan penguatan di hadapan dolar AS. Namun rupiah boleh berbangga hati sebab menjadi yang terbaik di Asia.

Dollar Melemah

Sementara itu, Dolar AS masih melanjutkan tren pelemahan. Pada pukul 09:29 WIB, Dollar Index (yang menggambarkan posisi greenback di hadapan enam mata uang utama dunia) melemah 0,01%. Dalam sebulan terakhir, indeks ini ambrol 3,72%.

Mata uang Negeri Paman Sam masih terbeban oleh kebuntuan pembahasan stimulus fiskal. Meski kubu Partai Demokrat sudah bersedia menurunkan nilai stimulus, tetapi giliran Gedung Putih yang tidak sepakat.

Penantian akan kesepakatan dua belah pihak ini membuat pemilik modal menahan diri. Lebih baik menunggu sampai ada kejelasan.

Hasilnya, instrumen berbasis dolar AS minim peminat sehingga mata uang tersebut terus saja melemah. (sasa/EB/CNBC)

Related Articles

Back to top button