Universitas terbaik Indonesia
Salah satu potret kampus terbaik di Indonesia, Universitas Indonesia. (dok. IDN Times)
PendidikanWorld

9 Kampus Indonesia Masuk QS World University Rankings, Kampusmu Ada?

1

ENERGIBANGSA.ID – Quacquarelli Symonds, lembaga pemeringkat perguruan tinggi dunia baru saja merilis QS World University Rankings 2019-2020. Survei ini dilakukan terhadap lebih dari 1.620 perguruan tinggi dari seluruh dunia. QS World University Rankings merupakan sebuah survei yang bersifat resmi dan dilakukan oleh Quarcquarelli Symonds untuk mengurutkan perguran-perguran tinggi terbaik yang ada di seluruh dunia.

Selain itu, seperti energibangsa.id mengutip edukasi.kompas.com , QS World University Rankings juga menjadi acuan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek) Indonesia untuk mengukur kualitas kelembagaan perguruan tinggi di Indonesia untuk menuju World Class University atau Universitas bertaraf dunia.

 Terdapat beberapa indikator yang digunakan QS World University Rankings untuk menganalisis dan pemeringkatan universitas terbaik diseluruh dunia. Indikator-indikator tersebut meliputi, predikat fakultas, reputasi pengajar dan pekerja, fakultas internasionalnya.

Berdasarkan hasil pemeringkatan tersebut, sebanyak 9 perguruan tinggi yang ada di Indonesia pun berhasil masuk.

Sebagaimana informasi yang diperoleh energibangsa.id, berikut adalah daftar 9 universitas terbaik dari Indonesia yang berhasil masuk dalam QS World University Rankings 2019-2020 :

1. Universitas Indonesia

Universitas yang berlokasi di Depok, Jawa Barat ini mampu menempati ranking pertama sebagai Universitas terbaik di Indonesia. Sedangkan untuk di dunia mampu menempati peringkat ke 296.

2. Universitas Gadja Mada

Universitas yang juga di dapuk sebagai universitas terbesar di Indonesia ini menempati posisi kedu di Indonesia dan posisi 320 di dunia. UGM (sapaan-red), menjadi kampus dengan lompatan peringkat tertinggi. Dalam rilis QR tahun lalu, peringkat UGM 391  kampus terbaik di dunia. Kini peringkat kampus yang berlokasi di Yogyakarta itu naik 71 tingkat ke peringkat 320.

3. Institut Teknologi Bandung

ITB menempati ranking ketiga di Indonesia. Sedangkan di dunia kampus yang awalnya dibuka sebagai caban dari institut teknologi Delft Belanda berada di 331 dunia. Namun naiknya peringkat ITB belum mampu mengimbangi UGM. ITB harus pusa menjadi kampus terbaik ketiga di Indonesia.

4. Institut Pertanian Bogor

Perguruan tinggi yang baru-baru ini memutuskan untuk mengganti namanya menjadi IPB University ini, mampu berada di posisi ke 4 di Indonesia sebagai universitas terbaik. Dan untuk di dunia ITB berada di posisi ke 601-605.

5. Universitas Airlangga

Di Jawa Timur, Universitas Airlangga (Unair) menjadi yang terbaik. Unair berhasil menduduki peringkat 651-700 dunia. Prestasi ini cuku membanggakan mengingat tahun 2018 lalu Unair hanya menduduki peringkat 751-800 dunia. Sementara untuk peringkat nasional, Unair berada di posisi 5.

6. Universitas Padjajaran

Universitas Padjajaran menduduki ranking ke 751-800 di dunia dan nomor 6 di Indonesia. Unpad harus puas tak masuk dalam lima universitas top di Indonesia versi Quacquarelli Symonds.

7. Bina Nusantara University

Bina Nusantara University menjadi satu-satunya universitas swasta yang mampu masuk dalam daftar universitas terbaik di Indonesia. Sekolah ini awalnya didirikan sebagai bisnis keluarga yang bergerak di bidang pendidikan komputer dan sekarang mampu masuk urutan 801-1.000 di dunia atau menyabet urutan ke 6 terbaik di Indonesia.

8 Universitas Diponegoro

9. Institut Teknologi Sepuluh November

Di urutan ke 8 dan ke 9 universitas terbaik di Indonesia terdapat nama Universitas Diponegoro dan Institut Teknologi Sepuluh November yang memiliki skor sama. Untuk peringkat dunia kedua perguruan tinggi ini berada di peringkat yang sama dengan Bina Nusantara University yaitu urutan 801-1.000.

Gimana sobat energi, bangga bukan, apakah kampus kalian termasuk di dalamnya?

Komentar Netizen
Bagikan, agar menjadi energi positif untuk orang lain

Erick Thohir Semakin Menginspirasi Anak Bangsa

Previous article

Manfaatkan Peluang, Agung Podomoro Bangun Perumahan di Atas Mal

Next article

You may also like

1 Comment

  1. […] juga : 9 Kampus Indonesia Masuk QS World University Rankings, Kampusmu Ada? […]

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

More in Pendidikan