fbpx
Otomotif

Ban Mobil Kempes Saat Lama Tidak Dipakai? Ini Penyebabnya

ENERGIBANGSA.ID (Semarang) — Selama di rumah saja intensitas penggunaan mobil menjadi berkurang. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan-kerusakan komponen mobil, salah satunya ban.

Ban mobil menjadi komponen yang menahan beban selama mobil hanya berdiam. Jika diam terlalu lama di garasi, memungkinkan ban mengalami flat spot pada bagian yang bersentuhan langsung dengan lantai.

On Vehicle Test (OVT) Manager PT Gajah Tunggal Tbk Zulpata Zainal menjelaskan flat spot adalah kerusakan pada bagian ban yang menjadi rata karena terlalu lama diam dan menyentuh langsung permukaan lantai.

“Hal ini bisa terjadi saat mobil berada lama di garasi karena tidak digunakan. Maka sebelum didiamkan sebaiknya cek dulu beberapa bagian seperti kebocoran ban, pentil, hingga peleknya,” katanya pada Kompas.com.

Mengeceknya pun mudah, cukup oleskan ban menggunakan sabun. Jika ada kebocoran, maka bagian yang bocor akan mengeluarkan gelembung.

“Setelah mengecek kebocoran ban, isi tekanan udara yang cukup tinggi. Untuk mobil penumpang, ban bisa diisi sampai 44 psi, hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya flat spor,” jelas Zulpata.

“Tapi jika ditemukan adanya kebocoran, lebih baik diperbaiki terlebih dahulu daripada ban mengalami kebocoran saat di garasi dan malah menimbulkan masalah lain seperti ban peyang karena kekurangan tekanan udara,” lanjutnya.

Alasannya, ban yang diisi udara melebihi standar adalah untuk berjaga-jaga supaya tidak cepat kempes karena didiamkan dalam waktu lama. Sebab, tekanan udara pada ban akan terus berkurang. (Annisaa/EB/kompas).

Related Articles

Back to top button