Inspirasi BangsaOpini / Gagasan

Bakti Djarum Foundation yang Saya Ketahui

ENERGIBANGSA.ID – Di belakang saya ini adalah foto para juara Dunia Bulu tangkis binaanDjarum. Baru-baru ini jagad maya diperbincangkan soal Brand Djarum di pembinaan bulu tangkis usia dini.

Menyikapi polemik KPAI, sebagai salah satu mahasiswa binaan Djarum kebetulan saya ketua Beswan Djarum Kudus 2011/2012, saya tahu persis arah program Djarum bakti pada Negeri.

Saya menyaksikan bahwa program ini tidak ada unsur ekploitasi atau pemanfaatan komersial atau promosi bagi Djarum sekalipun.

Bahkan ketika pembina kami diminta sambutan mewakili pembina beswan Djarum d UMK, beliau langsung menutupi seragam marketing dengan memakai jaket beswan yang dipinjam dari saya. Selanjutnya, beliau baru ke panggung untuk sambutan.

Lalu saya bertanya pada beliau, “Kenapa kok ditutup atau dilapisi pake jaket Beswan pak?” Jawab beliau di luar dugaan saya : “ini bukan acara marketing, ini adalah acara Foundation. Jadi saya harus membedakan”, tandasnya.

Dari beliau saya jadi tahu bahwa dalam Djarum sendiri sudah ada aturan bagaimana kegiatan corporate, dan bagaimana kegiatan Foundation.

Di dalam kegiatan Djarum Foundation sudah sejak dulu ada larangan untuk promosi produk atau marketing. Jadi, seyogyanya netizen tahu bagaimana langkah bijak seharusnya.

*Nandar, Owner Franchise Sate Surimi. Alumni STAIN Kudus. Ketua Beswan Djarum Kudus 2011/2012

Related Articles

Back to top button