fbpx
Nasional

Bakal Panjang, Urusannya! Polri Turun Tangan Soal Parodi Lagu Indonesia Raya

JAKARTA, energibangsa.id—Kasusnya bakal panjang, nih, guys! Kadivhumas Mabes Polri Irjen Argo Yuwono menyatakan Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri akan melakukan penyelidikan terkait parodi lagu Indonesia Raya yang viral di media sosial.

“Kita lihat seperti apa locus delicti-nya ada di mana, ini menjadi bagian penyelidikan dari cyber crime,” kata Argo di Bareskrim Polri, Senin (28/12).

“Tentunya kita tetap melakukan penyelidikan dan nanti bisa tahu dan persis seperti apa kejadian di mana. Kalau memang kita perlu membuat laporan, kita akan buat laporan,” sambungnya.

Argo mengatakan Polri bakal berkoordinasi dengan kementerian terkait dalam penyelidikan tersebut. Setelah itu, akan menyampaikan kepada publik terkait langkah yang akan diambil.

Parodi: ejekan pada Indonesia

Sebelumnya, beredar video parodi lagu Indonesia Raya di media sosial. Lirik diganti dengan kalimat-kalimat ejekan terhadap Indonesia dan Soekarno.

Video itu diunggah dengan gambar Garuda Pancasila yang diubah dengan gambar ayam. Kemudian ada gambar dua anak kecil yang membuang air kencing ke arah bendera merah putih.

Kabarnya, video itu diunggah oleh akun MY Asean dengan lokasi di Malaysia. Video diunggah dengan judul “Indonesia Raya Instrumental (Parody + Lyrics Video)”.

Pemerintah Indonesia membawa parodi lagu Indonesia Raya ke ranah hukum. Kedutaan Besar Indonesia untuk Malaysia telah melaporkan lagu tersebut ke Kepolisian Kerajaan Malaysia (PDRM). (*)

Related Articles

Back to top button