Gaya Hidup

Bahaya! Inilah Tanda Pernikahan Toxic Relationship

ENERGIBANGSA.ID – Momen pernikahan seharusnya menjadi tempat untuk menjalin kebahagiaan dan keintiman. Tapi jika yang terjadi malah sebaliknya, bisa jadi rumah tangga sudah menjadi toxic relationship.

“Jika secara konsisten pasutri merasa terkuras emosinya dan tidak bahagia saat bersama pasangan, ini bisa menjadi ada yang salah pada hubungan pernikahan. Sesuatu harus diubah,” ujar konsultan pernikahan Jor-El Caraballo.

1.Tidak ada dukungan sama sekali dari pasangan
Dalam toxic relationship, segala sesuatunya hampir selalu mengarah pada hal yang negatif. Saat ingin melakukan
sesuatu, pasangan tidak akan memberikan dukungan seperti sewajarnya.

“Hubungan yang sehat didasarkan pada keinginan bersama, terutama untuk melihat pasangan bahagia,” ujar Caraballo.

2.Selalu sarkasme saat berbicara
Alih-alih memperlakukan satu sama lain dengan kebaikan, sebagian besar percakapan pasangan toxic relationship dipenuhi dengan sarkasme, kritik, atau hal-hal yang memicu pertengkaran.

3.Cemburu berlebihan
Meskipun normal untuk mengalami kecemburuan dari waktu ke waktu, Caraballo menjelaskan bahwa hal itu dapat menjadi masalah jika terjadi secara berlebihan. Terutama jika hal ini juga memicu banyak ketidakjujuran dan kekerasan.

4.Terlalu mengontrol perilaku pasangan
Dalam hubungan pernikahan, diperlukan rasa saling percaya dan kejujuran. Jika yang terjadi justru terlalu mengontrol dan curiga, ini bisa menjadi pertanda toxic relationship.

5.Stres terus-menerus
Setiap pernikahan tentu ada masalah yang bisa memicu stres, tapi jika situasi ini terjadi terus-menerus tiada henti, hal
ini tidak wajar.

Ya, terus-menerus gelisah bisa menjadi indikator bahwa ada sesuatu yang salah dalam hubungan pernikahan. Stres yang berkelanjutan juga dapat berdampak pada kesehatan fisik dan emosional.

6.Mengabaikan kebutuhan diri sendiri
“Mengikuti apapun yang ingin dilakukan pasangan meskipun itu bertentangan dengan keinginan atau tingkat kenyamanan diri sendiri, bisa menjadi tanda hubungan yang bermasalah,” ujar psikolog klinis Catalina Lawsin, PhD, seperti dilansir Healthline.

7.Ketidakjujuran
Terus berbohong apapun alasannya bisa menjadi salah satu tanda toxic relationship. Sejatinya dalam hubungan pernikahan kejujuran menjadi salah satu prinsip penting, Bunda.

Jika Bunda mengalami tanda-tanda ini, sebaiknya segera diskusikan bersama suami atau libatkan konselor jika memang diperlukan, ya! (buddy/EB/haibunda.com).

Related Articles

Back to top button