fbpx
Ragam Bangsa

Bagaimana Dokter Jelaskan Santet dan Susuk?

ENERGIBANGSA.ID (Semarang) — Dalam dunia medis, temuan benda asing di dalam tubuh manusia disebut sebagai corpus alienum. Santet dan susuk termasuk di dalamnya.

Dilansir dari detikcom, Rabu (23/9), fenomena corpus alienum seakan menjadi fakta yang terlihat oleh medis. Susuk yang seringkali disebut Charm Needles, yakni terbuat dari emas bahkan terekam oleh x-ray.

Fenomena corpus alienum/ detik.com

Fenomena lain, misalnya pada 2011 lalu, ditemukan puluhan paku dan jarum pada betis, lengan serta punggung seorang bocah berusia 3 tahun.

Artinya, paku dan jarum yang tak mungkin sebagai bawaan lahir seorang anak menjadi ‘barang gaib’ yang bisa dihubungkan dengan dunia ‘klenik’ atau mistis Jawa. Bisa santet, atau fenomena mitologi lainnya.

Ditemukannya 75 paku, jarum dan kawat pada kaki seseorang dapat dikatakan tidak masuk akal. Sebab lahirnya seseorang dari rahim ibunya tak disertai “oleh-oleh” berupa paku, jarum, kawat atau benda lainnya.

Yang bikin heboh lagi, pada tahun 2018 lalu tersiar kabar seorang remaja asal Gowa, Sulawesi Selatan yang ternyata bisa bertelur. Konon, ia mengeluarkan 2 butir dari tubuhnya. Hmmm …. Fenomena apa ini ya? Dokter bisa menjawabnya? (dd/EB)

Related Articles

Back to top button