Gaya HidupRagam Bangsa

Bagaimana Awal Mula Kisah Cinta Habibie dan Ainun?

ENERGIBANGSA.ID – Kisah cinta BJ Habibie dan Ainun menjadi salah satu kiblat cinta sejati bagi masayarakat Indonesia.

Kisah cinta yang diukir oleh Habibie dan Ainun menjadi kisah cinta yang tertuang dalam sejarah dan tak lekang waktu. Banyak masyarakat Indonesia yang kagum terhadap kisah cinta dua putra-putri bangsa ini.

Kisah cinta Habibie dan Ainun bahkan diangkat menjadi sebuah film yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo. Film yang dibintangi oleh Reza Rahardian dan Bunga Citra Lestari ini sukses membuat semua pasang mata kagum terhadap kisah cinta Habibie dan Ainun.

Di balik kisah cinta mereka yang banyak dikagumi banyak orang, ternyata ada beberapa fakta unik dibalik romansa duo sejoli Habibie dan Ainun.

Berikut fakta menarik terkait kisah cinta sejati Habibie dan Ainun yang berhasil Tim Energi Bangsa rangkum.

Berawal Dari Teman

Dahulu, BJ Habibie dan Ainun merupakan teman saat duduk di bangku menengah pertama. Namun, di akhir bangku SMA mereka harus berpisah lantaran Habibie melanjutkan pendidikan dan bekerja di Jerman. Sementara Ainun meneruskan pendidikanya di Universitas Indonesia. Ketika Habibie kembali ke Indonesia dan bertemu dengan Ainun, mereka mulai tertarik satu sama lain.

Kesetiaan Ainun Sebagai Istri

Sepulang menyelesaikan pendidikannya di Jerman, pada tahun 1962 Habibie resmi mempersunting Ainun sebagai istri. Seusai menikah, Ainun bahkan rela melepas profesinya sebagai dokter di rumah sakit anak-anak untuk memberikan dukungan penuh untuk suaminya. Bahkan hingga menjabat dan lengser dari jabatannya sebagai Presiden Indonesia ketiga pun Ainun setia mendampingi.

Monumen Habibie dan Ainun

Tidak hanya diangkat menjadi film, kisah cinta Habibie Ainun ini diabadikan pada monumen yang dibangun di Kota Pare-Pare, kota kelahiran Habibie. Monumen ini diberi nama dengan “Monumen Cinta Sejati Ainun Habibie”. Selain itu kisah cinta ini diabadikan dalam sebuah lagu yang dilantunkan BCL dengan judul Cinta Sejati.

Makam Berdampingan

Sebelum meninggal, Habibie sempat meminta jasadnya dikebumikan di samping makam istrinya. Ia memperkenankan Ainun untuk diperistirahatkan di Taman Makam Pahlawan asalkan ia mendapat pusara di sebelah belahan jiwanya.

Wah, manis sekali ya kisah cinta Habibie dan Ainun. Apakah Sobat Energi punya cerita asmara yang serupa? Yuk, ceritain!

  • Artikel ditulis oleh Siti Nurhayati, Mahasiswi Ilmu Komunikasi Universitas Dian Nuswantoro.

Related Articles

Back to top button