fbpx
Kabar Daerah

Babinsa Wonosobo, Ingatkan Pedagang dan Pembeli Patuhi Protokol Kesehatan

WONOSOBO, energibangsa.id – Babinsa Koramil 06/Kertek Kodim 0707/Wonosobo terjun langsung ke pasar tradisional untuk mengingatkan para pedagang dan pembeli untuk mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19.

Sosialisasi dengan cara terjun langsung ditengah masyarakat dengan persuasif dan humanis merupakan cara terbaik untuk bisa mengingatkan kepada masyarakat. Selain itu kegiatan ini telah sesuai dengan Peraturan Bupati Wonosobo Nomor 38 Tahun 2020 tentang pedoman pelaksanaan adaptasi kebiasaan baru.

Babinsa Koramil 06/Kertek Kodim 0707/Wonosobo, Serda Tri Suharjanto mengingatkan kepada pedagang dan pengunjung pasar untuk selalu menggunakan masker dan menjaga jarak. Hal ini dilakukan sebagai tindakan preventif terhadap penyebaran virus.

Komunikasi sosial

Dilansir dari AntaraJateng, Danramil 06/Kertek, Kapten Inf Punidi mengatakan bahwa pelaksanaan komunikasi sosial adalah tugas rutin dari Babinsa untuk mengetahui perkembangan wilayah binaan. Selain itu juga untuk memperat hubungan anatara TNI dan masyarakat karena terdapat komunikasi secara langsung kepada masyarakat.

Tujuan dari adanya komunikasi sosial antara Babinsa dan masyarakat yaitu untuk membentuk aktualisasi diri pribadi, stabilitas sosial, tertib sosial, penerusan nilai-nilai lama dan baru yang ada di masyarakat.  Maka dari itu bisa memupuk, membina dan meningkatkan kesadaran masayrakat.

Berdasarkan data, orang yang terpapar Covid-19 di Wonosobo saat ini mencapai 2.432 orang. Sehingga dibutuhkan kesadaran masyarakat dan kampanye perubahan perilaku masyarakat agar bisa meningkatkan kedisiplinan untuk menerapkan protokol kesehatan. Ditekankan juga agar masyarakat selalu menerapkan 3M yaitu menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak aman dengan orang lain. (*)

Related Articles

Back to top button