fbpx
Religius

Babah Alun, Masjid dengan Arsitektur Tionghoa Kini Diresmikan!

ENERGIBANGSA.ID (Jakarta)—Pemerintah Kota Jakarta Selatan meresmikan masjid dengan arsitektur Tionghoa yakni “Masjid Babah Alun”.

Masjid Babah Alun
Masjid “Babah Alun”, berarsitektur Tionghoa di Jakarta Selatan

Masjid itu berada di samping pintu gerbang Tol Desari, Cilandak tepat pada peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1442 Hijriah.

Marullah Matali selaku Wali Kota Jakarta Selatan meresmikan masjid Babah Alun yang dibangun oleh PT. Citra Waspphutowa.

Ia berharap kehadiran masjid berarsitektur Tionghoa tersebut dapat menambah destinasi wisata religi di wilayah Jakarta Selatan, selain Masjid Agung Al Azhar dan masjid lainnya yang sudah ada lebih dulu.

Nuansa pecinan terasa kental pada bangunan masjid, seperti pada bentuk atap, elemen-elemen dan struktur terbuka. Penggunaan warna yang khas yakni merah menyala, dengan dinding berwarna putih gading, yang jadi ciri khas masyarakat Tionghoa.

Kusen pintu dibuat melingkar yang dihiasi ornamen Tionghoa berwarna merah dan kuning emas. Nuansa Islami juga terasa di antara corak Tionghoa dengan hadirnya lukisan kaligrafi pada pintu masuk dan juga pilar masjid.

Peresmian Masjid Babah Alun ini juga ditandai dengan melaksanakan shalat dzuhur berjamaah oleh para undangan.

“Bila kita mendahulukan Allah dalam usaha kita, mudah-mudahan niatan ini dimudahkan oleh Allah SWT, dan saya berterima kasih sudah diajak untuk bersama-sama menjadi orang yang meresmikan Masjid Babah Alun ini,” ujar Marullah.

Muhamad Yusuf Hamka selaku Direktur Utama PT Citra Waspphutowa, mengatakan di area masjid juga tersedia ruang terbuka hijau yang ditanami pohon-pohon buah seperti alpukat, cimpeda dan zaitun. Kehadiran masjid ini, dapat menjadi tempat syiar Islam di Kota Jakarta Selatan.

“Walaupun masjid ini belum jadi dengan sempurna, tetapi dengan semangat Tahun Baru Islam ini, masjid Babah Alun bisa menjadi tempat syiar Islam dan juga wisata religi bagi masyarakat, khususnya di Jakarta Selatan,” ujar Yusuf. (dhanti/EB/republika)

Related Articles

Back to top button