Kesehatan

Awas! Lihat Kode pada Buah, Jangan Sampai Salah Beli ya?

ENERGIBANGSA.ID (Semarang) – Kalau kamu sering membeli buah di supermarket, biasanya ada kode-kode tertentu di setiap buahnya. Sering memperhatikannya?

Ilustrasi kode perusahaan pada buah-buahan

Stiker kode berisi angka tersebut merupakan Price Look Up digital yang mengandung informasi pentng terkait buah tersebut. Dilansir dari idntimes, yuk simak artinya!

  1. Diawali dengan angka 3 atau 4 berisi 4 digit kode
    Bila pada stiker buah diawali angka 3 atau 4, berarti buah atau sayuran tersebut diproduksi dengan bantuan teknik agronomik termasuk penggunaan pestisida dan pupuk. Jangan panik dulu! Penggunaan pestisida disini sangat renda jadi tidak beracun, tapi jangan lupa untuk mencuci bersih setiap buah atau sayur agar sisa pestisida, kuman, dan bakteri hilang.
  2. Kode 5 digit diawali angka 8
    Jika buah memiliki stiker ini, artinya buah tersebut dimodifikasi melalui rekayasa genetik dalam pertumbuhannya. Penelitian menunjukkan bahwa melon, pepaya, dan pisang adalah buah yang paing sering dimodifikasi genetikanya.
  3. Kode 5 digit diawali angka 9
    Sama-sama 5 digit, tapi bila diawali angka 9 punya arti yang berbeda. Buah dengan stiker berisi 5digit diawali dengan angka 9 berarti buah atau sayuran tumbuh sesuai dengan USDA organik standar. Alasannya Program Organik Nasional USDA memiliki banyak syarat. Buah atau sayuran tersebut diproduksi tanpa menggunakan zat kimia.
  4. Buah tanpa siker kode PLU
    Kamu pasti sering menemukan buah yang t tidak ada stiker kodenya kan? Bisa saja itu berbahaya, lho! Buah impor seharusnya memilki label stiker, jika tidak ada mungkin stiker dilepas karena alasan tersebut.

Itulah arti dari setiap stiker kode pada bua, Sebelum membeli, yuk perhatikan terlebih dahulu. Jangan sampai salah makan ya, Sob! (Sasa/EB)

Related Articles

Back to top button