fbpx
Gaya HidupKesehatanTeknologi

Awas! Kecanduan Main PUBG Dapat Menyebabkan Stroke

ENERGIBANGSA.ID – Bermain gim secara berlebihan dapat menimbulkan rasa kacanduan dan dampak yang tidak baik bagi kesehatan. Sudah ditemui beberapa kasus yang muncul akibat kecanduan main gim secara berlebihan di dunia.

Akibat kecanduan bermain gim, remaja laki-laki berusia 19 tahun yang tinggal di Distrik Wanaparthy, Hyderabad, India dilaporkan mengalami pembekuan darah, penurunan berat badan, hingga dehidrasi akut. Hal itu dikarenakan setiap hari ia melakukan mabar (main bareng) gim Player Unkwon’s Battleground (PUBG).

Menurut dokter di Rumah Sakit Sunshine, Hyderabat yang merawat remaja laki-laki tersebut, bermain PUBG dengan durasi yang terlalu lama dapat menyebabkan trombosis atau pembekuan darah pada otak. Akibatnya, remaja laki-laki ini didiagnosa mengalami stroke setelah lengan dan kaki kanannya mengalami mati rasa.

[Baca juga: Penting, Tipe-Tipe Stroke Mata Yang Harus Kita Ketahui]

Ibu dari remaja laki-laki tersebut menjelaskan keadaan anaknya saat bermain PUBG dan megatakan bahwa anaknya muali bermain dari jam 21.00 tanpa henti sampai dengan jam 03.00 – 04.00 pagi. Ia berhenti bermain PUBG saat akan pergi bekerja paruh waktu sebagai loper koran.

Berdasarkan pengamatan Tim Energi Bangsa, kecanduan game mobile ini sudah menjadi hal yang biasa di kalangan anak muda di berbagai negara. Bahkan jumlah anak muda yang bermain game single-shooter kompetitif ini terus mengalami kenaikan.

Para psikolog mengatakan bahwa kebijakan dalam penyitaan ponsel di kalangan remaja di masa sekarang dapat menimbulkan reaksi yang agresif bahkan gejala sakaw dan juga sampai dengan tendesi bunuh diri.

[Baca juga: Komedian Nunung Terjerat Narkoba, Sebenarnya Apa Efek Sabu-sabu?]

PUBG sempat dilarang di negara bagian Gujarat seperti di India karena dapat mengganggu keharmonisan rumah tangga. Begitu pun dengan Nepal dan Irak yang juga melarang gim yang mengandung unsur kontroversial ini karena mempunyai dampat negatif terhadap psikologis pemain.

Namun ada juga berbagai penelitian lain dari Oxford University bahwa gim online seperti PUBG mempunyai dampak positif sebagai obat pencahar emosional dan tidak berkaitan dengan kemarahan atau kekerasan dari si pemain gim tersebut.

Mengingat adanya kemungkinan buruk akibat permainan ini, maka dihimbau kepada para gamers agar tidak bermain secara berlebihan hingga lupa waktu. Bermain gim bisa dijadikan sebagai pereda stress namun dengan durasi yang cukup ya.

  • Artikel ditulis oleh Anggi Novitasari, Mahasiswi Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Dian Nuswantoro

Related Articles

Back to top button