fbpx
Kabar Daerah

Awas!!! Jika Melanggar, Simulasi Pembelajaran Tatap Muka Akan Diberhentikan

JEPARA, energibangsa.id –  Sebanyak 73 SMP negeri dan swasta di Jepara mulai Senin (30/11) melakukan simulasi pembelajaran tatap muka. Hal ini terus dipantau oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Jepara agar tidak menimbulkan kasus baru dengan selalu menerapkan protokol kesehatan.

Pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas ini diatur dalam SKB 4 Menteri Tanggal 20 November 2020 dan Perbup Nomor 52 Tahun 2020 mengenai penjadwalan Penilaian Akhir Semester (PAS) mengingat kegiatan simulasi ini bertepatan dengan hari pertama PAS. Laporan awal sebanyak 66 SMP siap mengikuti pembelajaran tatap muka namun laporan final hingga tadi pagi total ada 73 SMP.

Kepala Disdikpora Kabupaten Jepara, melalui Kepala Bidang SMP Haryanto mengatakan, jika ada yang melanggar protokol kesehatan maka tidak diperkenankan mengikuti simulasi dan sekolah yang bersangkutan harus menerapkan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

Faktor lainnya juga dipertimbangkan, jika keadaan perkembanagan Covid-19 di Jepara makin memburuk maka simulasi tatap muka di sekolah akan diberhentikan. Hal ini untuk kesehatan dan keamanan bersama agar terhindar dari virus.

Penerapan protokol kesehatan

Sekolah yang mengikuti simulasi ini juga harus disertai bukti laporan pelaksanaan. Berdasarkan laporan dan pantauan dari Satgas Covid-19, semua sekolah sudah menerapkan protokol kesehatan dengan pengecekan suhu badan, mencuci tangan dengan sabun, menggunakan masker dan menjaga jarak.

Pelaksanaan simulasi ini juga disertai dengan beberapa arahan seperti dibagi menjadi dua sif dengan jeda antar sif yaitu 60 menit untuk menghindari adanya kerumunan siswa. Selain itu bagi orang tua siswa yang tidak mengizinkan untuk tatap muka maka akan dilayani pembelajaran daring. Langkah selanjutnya dengan adanya simulasi pembelajaran tatap muka yaitu dengan adanya rapat evaluasi untuk mengetahui dan memantau kegiatan yang berlangsung dan jika terdapat kendala maka bisa dikoordinasikan dengan satgas Covid-19. (*)

Related Articles

Back to top button