fbpx
Gaya HidupKesehatan

Awas! Ini Bahaya Tak Memakai Sunscreen Di dalam Ruangan

ENERGIBANGSA.ID (Semarang) –  Meskipun sedang berada di dalam ruangan namun tetap harus menggunakan tabir surya setiap hari, betulkah yang di sampaikan Inneke Jane, seorang dokter spesialis kulit

Menurut dia, berada di dalam suatu ruangan bukanlah menjadi alasan untuk tidak memakai tabir surya. Karena meskipun sedang berada di dalam ruangan tetap terkena sinar matahari yang masuk menembus jendela. Hal ini yang membuat sebaiknya tetap memakai tabir surya, termasuk ketika cuaca sedang mendung.

“Paparan sinar matahari berlebihan dapat memberikan efek yang buruk,” ujar Inneke dalam Instagram Live yang bertajuk Tetap Fit Saat Pandemi: Nyaman Berolahraga Outdoor dengan Kulit Terlindungi ddi akun Nivea, Minggu (6/8) sebagaimana pantauan tim energibangsa.id

Hal ini juga berlaku ketika berkendara menggunakan mobil ketika sinar matahari sedang bersinar. Meskipun kaca jendela dalam posisi tertutup, namun tetap saja sinar matahari dapat menembus ke dalam mobil.

Baca Juga : Kampanye Nasional Masker, Airlangga: Kesehatan Pulih, Ekonomi Bangun Kembali!

Sinar radiasi Ultra violet A (UVA) yang 95% berhasil menembus bumi dapat menimbulkan efek penuaan dini pada kulit yang tak terlindungi jika terpapar sinar matahari secara berlebihan. Selain itu juga dapat menimbulkan keriput dini.

“Lekukan keriput yang diakibatkan sinar matahari akan menjadi lebih dalam,” katanya.

Selain UVA, sinar matahari ultra violet B (UVB) juga bisa memberikan dampak negatif. Tidak seperti UVA yang membutuhkan 95% yang sampai ke bumi, sinar UVB hanya membutuhkan 5% yang sampai ke bumi dan mampu memberikan efek yang tidak main-main.

“Walau hanya sedikit, namun dapat menyebabkan kulit terbakar,” tambahnya.

Pemilihan besaran SPF (sun protection factor) juga dapat disesuaikan dengan aktivitas yang dilakukan. Jika sedang berada di bawah sinar matahari dalam kurun waktu yang lama, maka dianjurkan untuk memakai SPF yang lebih tinggi. Sedangkan untuk aktivitas yang tidak teralu lama dapat menggunakan SPF 30.

Namun membutuhkan takaran yang tepat agar tabir surya mampu bekerja secara optimal. Untuk wajah, disarankan untuk memakai sebanyak dua gram per sentimeter persegi, atau sekitar dua ruas jari. Sedangkan untuk seluruh tubuh, maka diperlukan sebanyak 30 cc atau sekitar dua sendok makan tabir surya. (tata/EB)

Related Articles

Back to top button