ATM Beras Wujud Kepedulian Bagi Kaum Duafa (Foto: Jatimplus)
ATM Beras Wujud Kepedulian Bagi Kaum Duafa (Foto: Jatimplus)
Kabar IndonesiaRagam BangsaReligius

ATM Beras Wujud Kepedulian Bagi Kaum Duafa

0

ENERGIBANGSA.ID – Berbagi rezeki kepada sesama kini semakin mudah dan bisa dilakukan dalam bentuk apa saja. Salah satunya dengan penyediaan Anjungan Terima Mandiri Beras (ATMB) bagi kaum duafa.

ATMB adalah perangkat yang dapat mengeluarkan beras dalam jumlah tertentu secara otomatis dengan cara menempelkan kartu RFID.

Dengan misi sosial, ATMB membantu kaum duafa yang kelaparan dengan menyalurkan dua liter beras secara gratis pada hari-hari yang telah ditentukan. Selain itu ATMB juga berfungsi membantu korban bencana alam di pengungsian sehingga dapat memberikan energi positif bagi mereka.

Ide pembuatan ATMB ini bermula ketika salah seorang pendirinya, Budi, menyaksikan berita tentang kisruhnya pembagian jatah beras di televisi. Ia merasa trenyuh melihat anak kecil hingga lanjut usia berdesakan dan berebut pembagian jatah dari donatur.

“Ini berkali-kali terlihat seperti mengekspos kemiskinan donatur itu setahun sekali. Tiap bulan memberi juga enggak, kasihan orang yang sengsara semakin susah,” kata lulusan Teknik Elektro ITB 1987 itu.

Mesin bercat abu muda tersebut kini dapat ditempatkan di masjid, kantor kelurahan, kantor BUMN, kampus, atau lokasi lain yang memungkinkan.

Warga antre menggunakan ATMB (Foto: Viva)

Salah satu tempat yang terdapat ATMB adalah di Masjid Jami Raudlatul Jannah, Tanjung Priok, Jakarta. Salah satu penggunanya, Ali, seorang hansip sekitar merasa terbantu dengan keberadaan ATMB.

“Saya terbantu, gaji saya cuma satu juta kok sebagai hansip di sini, jelas pengeluaran saya bisa ditekan karena ini. Dulu saya buat beli beras juga harus pergi agak jauh,” kata Ali, mengutip dari kompas.com.

Di masjid ini, kaum duafa dapat memperoleh dua liter beras setiap hari Rabu dan Minggu malam selepas mengikuti salat berjamaah dan kajian.

Dalam perkembangannya, ada institusi seperti Badan Urusan Logistik (Bulog) yang melihat peluang untuk jasa komersial. Bulog ingin ATM Beras ini jadi outlet baru Rumah Pangan Kita (RPK) yang masuk ke kampung-kampung menjual beras Bulog.

Komentar Netizen
Bagikan, agar menjadi energi positif untuk orang lain

Kalahkan Malaysia, Indonesia Ditetapkan Sebagai Destinasi Halal Tourism Popular 2019

Previous article

Kampanyekan Dasa Dharma, Afif dan Dinda Menikah ala Pramuka

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.