Kabar Indonesia

Asal Usul Nyi Roro Kidul

ENERGIBANGSA.ID – Lama tak terdengar kabarnya karena netizen +62 sibuk ngoceh soal pemilu, kini nama Nyi Roro Kidul kembali ramai diperbincangkan usai ada gerakan serbu Pantai Parangtritis di facebook. Namun sebelum lebih jauh, apa ada yang tahu asal usul Nyi Roro Kidul?

Pada edisi pekan ini, tim energibangsa.id akan mengulas Nyi Roro Kidul secara mendalam, mulai dari asal-usul, percintaan, kekayaan, pendidikan Nyi Roro Kidul dari berbagai aspek.

Berangkat dari banyak versi dan berbagai sumber, termasuk juga dari paranormal kejawen Ki Joko Samudro di Mranggen, inilah yang berhasil kami rangkum mengenai asal-usul Nyi Roro Kidul.

Merupakan Dewi Nawang Wulan

Sudah pernah mendengar legenda Jaka Tarub? Dia adalah seorang pemuda yang mencuri selendang salah satu dewi kayangan yang sedang ‘mandi’ di sungai. Nah, nama dewi tersebut adalah Dewi Nawang Wulan.

Atas kelicikan Jaka Tarub tersebut, akhirnya Dewi Nawang Wulan tidak bisa kembali ke langit, karena tidak memiliki pilihan lain, akhirnya ia mau dipersunting Jaka Tarub sebagai istri.

Singkat cerita, ketika Dewi Nawang Wulan sedang hendak memasak nasi, ia menemukan selendangnya di genthong beras di rumah Jaka Tarub.

Merasa ditipu, ia marah dan kemudian terbang ke langit, namun dia ditolak kerajaan langit sebab telah menikah dengan manusia (Jaka Tarub) dimana itu adalah protokol yang sangat dilarang dalam hukum kerajaan langit.

Dia akhirnya dikutuk menjadi sebangsa jin dan diperintahkan untuk menjaga Pula Jawa agar tidak tenggelam diterpa keganasan Samudra Hindia.

Anak Ratu Bilqis

Alkisah Ratu Bilqis yang namanya disebut dalam Al Quran itu, diriwayatkan pernah menikah dengan satu orang jin laki laki, yang kemudian dikaruniai seorang putri yang dinamainya Aurora, di Jawa disebut Roro.

Nah, singkat cerita Ratu Bilqis mengirim Aurora ke sebuah pulau yang jauh dari kerajaannya. Pulau ini di selanjutnya dibernama Al Jawi atau Pulau Jawa.

Secara logika, Ratu Bilqis tidak mungkin mengirim putrinya sendirian, pasti ada dayang-dayang dan prajurit kerajaan jin yang menyertainya. Nah, singkat cerita, darah biru yg mengalir di badan Aurora itu membuatnya memiliki pesona dan menjadi seseorang pemimpin bagi kerajaan jin di sana.

Seiring berjalannya waktu, sesuai sejarah tanah Jawa terjadi migrasi besar besaran beberapa bangsa Yunan (China), bangsa India, dan bangsa Turki ke Nusantara untuk menempati Pulau Jawa, Aurora dan para pengikutnya seterusnya terusik dan pindah ke pesisir laut Selatan.

Namun ada yang berkata bahwa Nyi Roro Kidul merupakan Ratu Bilqis itu sendiri. Pernyataan ini didukung oleh penemuan KH Fahmi Basya, seorang dosen di UIN Jakarta yang menyatakan bahwa Candi Borobudur adalah salah satu Kerajaan Sulaiman. Sedangkan kerajaan Ratu Bilqis (Nyi Roro Kidul) ada di Candi Ratu Boko.

Kesimpulannya, beberapa pandangan menyebut bahwa Nyi Roro Kidul adalah seorang raja jin, ratu Bilqis, putri ratu Bilqis, seorang bidadari, dan lain sebagainya.

Lantas, mana yang paling benar? Wallahu A’lam bish showwab! hanya Allah lah yang tahu kebenaran sejatinya.

Setiap pandangan atau perspektif memiliki kebenarannya sendiri. Namun satu hal, sejarah asal usul ini semakin meyakinkan iman kita bahwa ada mahluk ghaib yang diciptakan Allah SWT, bukan untuk disembah, melainkan hanya untuk diyakini keberadaannya saja.

Related Articles

Back to top button