MusikSosial & Budaya

Asal Mula Perkembangan Musik Dangdut Indonesia

ENERGIBANGSA.ID – Salah satu gendre musik legendaris asliIndonesia adalah dangdut.

Dangdut digemari karena pembawaan musiknya yang menggunakan gendang atau irama musik lainnya yang bisa membuat badan bergoyang.

Bebeberapa jenis musik dangdut bisa ditemui dengan mudah di berbagai daerah di Indonesia seperti Dangdut Minang, Danggut Banjar, Dangdut Koplo, Dangdut Remix, dan sebagainya hingga ke Maluku dan Papua.

Sebelum itu, yuk kita kenalin dahulu bagaimana asal mula kemunculan musik dangdut di Indonesia!

Asal Mula

Menghimpun dari berbagai sumber, jika didengarkan dengan seksama, musik dangdut terinspirasi dari musik India, Melayu, Arab, bahkan rock Barat.

Pakar komunikasi Unair Rachmah Ida M Comms PhD menyatakan, berawal dari kata “dang” dan “dut” yang merupakan bunyi dari gendang sebagai alat musik khas dalam irama dangdut.

Campuran gaya musik ini pertama kali digunakan di Jakarta sekitar akhir 1960-an.

Kreatifitas musisi pada saat itu patut diacungi jempol untuk bisa menciptakan musik khas yang dapat diminati masyarakat Indonesia.

Saat itu masyarakat Indonesia menyukai film India dan musik Barat, maka musisi Indonesia mencoba menciptakan musik dangdut sebagai musik asli Indonesia.

Tahun  1970-1980, musik dangdut mulai menjadi genre musik yang sangat diminati warga Indonesia.

Popularitas

Meski saat ini popularitas musik dangdut klasik cenderung sedikit tergeser oleh masuknya musik barat dan Korea, namun masih banyak juga masyarakat Indonesia yang menggemari musik dangdut, apalagi dangdut modern.

Musik dangdut saat ini bukan lagi menjadi musik rakyat yang marginal, tapi juga sudah disukai di kalangan elit.

Selain Rhoma Irama, musisi dangdut legendaris lainnya yakni Elvy Sukaesih, Meggy Z, Caca Handika, Rita Sugiarto, Mansyur S, Evie Tamala, Ida Laila, Iis Dahlia, Ikke Nurjanah, Inul Daratista.

Sedangkan musisi dangdut modern yang saat ini juga disenangi kaum muda ada Ayu Ting-ting, Siti Badriah, Via Vallen, Nella Kharisma, Denny Caknan, Ndarboy Genk, dan masih banyak lagi.

Mana musisi dangdut favorit kalian?

Related Articles

Back to top button