Kabar Indonesia

Arvila Delitriana, Srikandi Lulusan ITB Perancang Jembatan Lengkung LRT Jakarta

ENERGIBANGSA.ID – Arvila Delitriana menunjukkan prestasinya yang merupakan seorang insinyur perancang jembatan melengkung LRT di Jakarta. Prestasinya itu mendapat pujian langsung dari Presiden Jokowi.

Srikandi lulusan ITB yang membuat karya jembatan melengkung rancangannya berhasil memukau Presiden Jokowi melalui cuitan akun twitternya. Beliau memamerkan jepretan jembatan lengkung jalur LRT sepanjang 148 meter di atas Flyover Kuningan, Jakarta Selatan.

Jokowi memberi selamat kepada Adhi Karya dan kepada insinyur yang merancang jembatan lengkung tersebut.

“Salah satu bagian tersulit konstruksi jalur LRT Jabodebek, pekerjaan jembatan bentang panjang yang melengkung 148 m di atas flyover Kuningan, Jaksel, sudah tersambung. Selamat kepada Adhi Karya. Selamat juga untuk sang perancang, Ibu Arvila Delitriana, insinyur lulusan ITB,” tulis @jokowi, dikutip dari Tribunnews.com.

Karya jembatan yang ia bangun tidak hanya ini, sudah banyak bangunan jembatan di kota-kota lain di Indonesia. Jembatan yang telah dirancangnya di antara lain adalah Jembatan Pedamaran 1 dan 2 di Riau, Jembatan Kereta Api Cirebon-Kriya, Jembatan Perawang di Riau, Jembatan Kali Kuto, Semarang, serta Jembatan Layang khusus Busway ruas Adam Malik di Jakarta

Arvila sebelum mendapat kepercayaan untuk membangun jembatan lengkung LRT di titik tersulit itu melewati proses seleksi yang mengharuskan bersaing dengan insinyur lain. Ia bersaing ketat dengan konsultan asal Perancis, namun akhirnya BUMN konstruksi PT Adhi Karya lebih memilih rancangan dari Arvila.

Pemilihan rancangan Arvila itu akhirnya juga menorehkan prestasi. Adhi Karya menyabet dua rekor dari Museum Rekor Indonesia (MURI) atas pembangunan jembatan lengung Kuningan itu.
Rekor itu di antaranya adalah jembatan kereta box beton lengkung dengan bentang terpanjang dan radius terkecil di Indonesia.

Rekor kedua adalah rekor pengujian axial statistic loading test pada pondasi bored pile dengan beban terbesar di Indonesia. Atas sejumlah keberhasilan itu, Arvila juga diapresiasi oleh Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Panjaitan dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Related Articles

Back to top button