Religius

Apakah Membaca Takbir Allahu Akbar itu Wajib? Yuk, Cek di Sini

ENERGIBANGSA.ID – Di beberapa grup WhatsApp mulai ramai video tuntutan seorang pria yang meminta seorang anggota Banser untuk mengucap takbir dengan cara memaksa.

Menurut pria yang memvideokan itu, seorang muslim wajib membaca takbir. tapi benarkah seorang muslim wajib membaca takbir? tim energibangsa.id akan membedah hukum dari bacaan takbir sebagai berikut, berdasarkan referensi dari berbagai sumber masail fiqhiyyah.

Takbir Wajib
Hukum Takbir menjadi wajib karena dilakukan saat takbiratul Ihrom. yakni, dalam sholat membaca takbir di awal itu menjadi kewajiban karena termasuk rukun dalam sholat. Jika meninggalkan rukun maka sholat menjadi tidak sah.

Takbir Sunnah
Yup, takbir yg sunnah adalah takbir mursal. Takbir mursal adalah takbir yang tidak mengikuti shalat, atau tdk harus dibaca setelah melaksanakan sholat baik fardu maupun sunnah.

Takbir mursal disunahkan pada setiap waktu di manapun dan dalam keadaan apapun, yang dimulai dari terbenamnya matahari malam ‘Ied sampai imam melakukan takbirotul ihrom sholat ied, baik idul fitri maupun idul adha.

يُسْتَحَبُ التَّكْبِيْرُ بِغُرُوْبِ الشَّمْسِ لَيْلَتَيْ العِيْدِ الفِطْرِ وَالأَضْحَى وَلاَ فَرْقَ فيِ ذَلِكَ بَيْنَ المَساَجِدَ وَالبُيُوْتِ وَالأَسْوَاقِ وَلاَ بَيْنَ اللَّيْلِ وَالنَّهَارِ وَعِنْدَ ازْدِحاَمِ الناَّسِ لِيُوَافِقُوْهُ عَلَى ذَلِكَ وَلاَ فَرْقَ بَيْنَ الحاَضِرِ وَالمُساَفِرِ (كفاية الأخيار جزء 1 ص150- 151)

Takbir Makruh
Ternyata hukum membaca takbir bisa jadi makruh lho, sob… yakni membaca takbir dengan lisan ketika di tempat yang kotor penuh najis, seperti kamar mandi atau toilet.

Ini menggunakan hukum qiyas, dengan dasar bahwa berdzikir atau menyebutkan nama Allah di tempat seperti toilet hukumnya makruh, sebab dapat menurunkan kemuliaan nama Allah.

Jadi, sobat energi lebih berhati-hati ya dalam mengucap takbir, jangan asal ucap, karena itu mengandung nama Tuhan yang Maha Esa.

Related Articles

Back to top button