fbpx
Ekonomi & BisnisRagam BangsaWisata & Kuliner

Apa Makna Simbol ® dan ™ dalam Merek yang Sering Kita Jumpai?

ENERGIBANGSA.ID—Ketika kita membeli suatu produk makanan atau minuman, tanpa sadar kita akan menemukan simbol “®” atau “™”. Namun, sudah tahukah kamu apa sebenarnya arti dari kedua simbol tersebut?

Simbol “®“ atau dibaca “Registered” merupakan tanda bahwa suatu merek dagang telah terdaftar di Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual  Kementrian Hukum dan HAM (“DJKI”).

DJKI bertugas sebagai jasa penyedia layanan pendaftaran merek murah di Indonesia. Pengaturan oposisi pada merek dagang diatur juga dalam pasal “UU Merek” pasal 16 dan pasal 17.

Sedangkan Simbol “™” dibaca dengan “Trademark”. Simbol ini menandai kata-kata, simbol dan lain yang tertera pada produk belum terindikasi oleh DJKI.

Melansir dari optimasihki.id, aturan yang diatur dalam UU No. 20 Tahun 2016 tentang Merek dan Indikasi Geografis dalam Bagian Ketujuh Pasal 18 dan Pasal 19, berisikan bagaimana pengajuan perbaikan suatu permohonan merek dan juga penarikan kembali suatu permohonan merek.

Akan tetapi, bukan berarti produk yang bersimbol “™” di larang atau tidak baik. Dalam UU Merek tidak dikatakan simbol-simbol yang telah disebutkan bukanlah syarat wajib suatu produk dapat didaftarkan.

Hal yang bisa dilakukan apabila pemilik produk ingin produknya terverifikasi DJKI adalah melakukan permohonan merek.

Pemohon Merek dapat mengajukan perbaikan Permohonan Merek yang telah diajukan ke Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (“DJKI“).

DJKI hanya melayani terbatas pada perbaikan penulisan nama dan/atau alamat Pemohon Merek dan/atau Kuasanya.

Pemohon juga dapat menarik kembali Permohonan Merek yang telah diajukan sepanjang Permohonan Merek tersebut belum mendapatkan sertifikat Merek.

So, apapun simbol produk anda, baik yang bersimbol “®” atau “™”, ada baiknya untuk selalu patuhi aturan yang berlaku. (ara/EB)

Related Articles

Back to top button