fbpx
Kabar Daerah

Antisipasi Lonjakan Positif Covid-19, Pasar Beringharjo Perketat Protokol Kesehatan

SEMARANG, energibangsa.id – Cuti bersama yang dimulai pada hari Rabu, 28 Oktober hingga 30 Oktober 2020 dalam rangka perayaan Hari Maulid Nabi Muhammad SAW membuat sejumlah pihak mulai memberlakukan protokol kesehatan yang lebih diperketat.

Hal tersebut dilakukan untuk mencegah terjadinya lonjakan angka positif Covid-19 akibat adanya libur panjang ini. Salah satu yang turut memberlakukan hal tersebut adalah Pasar Tradisional Beringharjo, Yogyakarta.

Pasar Beringharjo memperketat aturan penerapan protokol kesehatan dari pemerintah kepada warga yang akan mengunjungi pasar maupun dari pedagang pasar. Upaya yang dilakukan dimulai dari alur dan arah berjalan yang dilalui hingga para supplier yang diwajibkan untuk membawa surat keterangan kesehatan dari daerah asal guna meminimalisir potensi penularan Covid-19.

Gunawan Nugroho Utomo selaku Kepala Bidang Pengembangan Penataan dan Pendapatan Dinas Perindustrian dan Perdagangan mengatakan jika dari cuti bersama yang bersambung dengan weekend, maka ada kemungkinan apabila terjadi kenaikan pengunjung. Maka dari itu dimulai dari protokol kesehatan yang sudah ada menjadi lebih diperketat lagi.

“Memang menjadi sedikit repot, namun hal ini demi kepentingan bersama, saling melindungi, jadi tidak apa-apa,” ujarnya.

Selain dari alur dan arah yang diatur agar para pengunjung tidak saling berpapasan, para pengunjung yang menunjukkan suhu tubuh normal atau sedang tidak demam akan ditempeli stiker pada saat memasuki kawasan pasar.

Sedangkan untuk aturan setiap supplier yang masuk diharuskan membawa surat keterangan kesehatan memang sudah diberlakukan sejak lama.

“Kebijakan ini masih terus berjalan sampai sekarang,” katanya.

Selain itu aturan protokol kesehatan yang diperketat, personel keamanan di Pasar Beringharjo juga akan ditambah. Personel tambahan tersebut didatangkan dari pasar tradisional lain.

“Akan ada penambahan personil untuk mendukung kebijakan ini, karena jumlah personel yang ada di Pasar Beringharjo hanya ada sembilan personel keamanan tiap shift,” paparnya.

Dinas Perindustrian dan dan Perdagangan juga akan mengusulkan ke Satpol PP Kota Yogyakarta untuk meminta tambahan personel Satpol PP maupun linmas untuk diperbantukan di pasar tradisional.

[Tata/EB].

Related Articles

Back to top button