bang soleh GEMMAS
GEMMAS (Gerakan Masyarakat Membaca dan Menulis (foto: istimewa)
Ragam Bangsa

Antisipasi Hoax dengan Rajin Membaca

0

ENERGIBANGSA.ID – Era keterbukaan informasi membawa dua sisi positif dan negatif, di satu sisi bisa membuat khazanah keilmuan dan nalar kritis semakin meningkat, namun di sisi lain bisa membuat info hoax merajalela.

Politisi Golkar, Muhammad Soleh ST yang memprakarsai GEMMAS; gerakan masyarakat membaca dan menulis, di Pekalongan, Batang, dan Pemalang mengatakan, berita hoaks sangat meresahkan.

Menurutnya kondisi bangsa ini rentan terkena hoax jika dirunut dari hasil survei dunia, karena orang-orang Indonesia tak suka baca buku. Minat baca anak-anak bangsa ini berada di level bawah.

Menurut Bendahara Golkar Jateng ini salah satu cara untuk mengurangi hoaks adalah dengan meningkatkan kebiasaan membaca.

Penelitian PISA menunjukkan rendahnya tingkat literasi Indonesia dibanding negara-negara di dunia. Ini adalah hasil penelitian terhadap 72 negara, Indonesia ranking 62.

“masalahnya, budaya hoax ini didukung oleh kebiasaan masyarakat Indonesia yang suka ngobrol dan tidak suka membaca,” jelasnya

Pria yang kerap disapa Bang Soleh ini juga mengajak media-media online untuk bergerak bersama dalam menyaring dan memilah-milah berita yang layak dan yang hoax untuk disampaikan kepada masyarakat. “media juga jangan hanya mengejar rating saja, tapi tolong upayakan sharing. Saya bangga sama media yang selalu menebar berita optimis dan mengajak masyarakat untuk anti hoax,” ungkapnya.

Politisi yang terpilih sebagai anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah itu juga menghimbau masyarakat, terutama ibu-ibu, untuk mau bergerak bersama melawan hoax dan berusaha meningkatkan budaya membaca di masyarakat. karena survei dari Kepolisian RI menyebutkan, orang yang paling sering menyebarkan hoaks adalah ibu-ibu.

“Kalau dapat link berita, jangan hanya baca judulnya aja. Harus baca dan cek dulu benar tidaknya. Jika (berita itu) memang benar, pasti juga ditulis di media arus utama seperti detik, kompas, dan lain-lain. Jangan percaya juga foto, karena itu bisa saja editan,” jelasnya pada tim energi bangsa

Komentar Netizen
Bagikan, agar menjadi energi positif untuk orang lain

Prabowo Tetap Berkomitmen untuk Memajukan Bangsa

Previous article

Indonesia Duduki Nomor Dua di ASEAN dalam Keberagaman Gender di Perusahaan

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

More in Ragam Bangsa