fbpx
Kabar Daerah

Antisipasi Bencana, Pemkab Banjarnegara Tingkatkan Kesiagaannya Dengan Cara Ini…

BANJARNEGARA, energibangsa.id – Pemkab Banjarnegara meningkatkan kesiapsiagaannya untuk mengantisipasi bencana pada musim hujan.

Dilansir dari AntaraJateng, Minggu (17/1), persiapan juga dilakukan dari semua elemen terkait penanggulanagan bencana. Dimulai dari personel yang membantu dan terjun di lapangan hingga perlatan pendukungynya.

Bupati Banjarnegara, Budhi Sarwono, meminta kepada semua organisasi dan perangkat daerah untuk bisa meningkatkan kesiapsiagaan bencana. Apalagi kini curah hujan juga terbilang tinggi.

Ia juga menghimbau kepada masyarakat agar bisa aktif untuk menyampaikan kondisi di lingkungannya. Kemudian bisa dilaporkan kepada perangkat daerah terkait jika melihat ada tanda-tanda bencana.

Pemkab Banjarnegara bersama Pemprov Jateng akan bertindak cepat mengatasi bencana dan mengerahkan semua sumber daya yang ada untuk membantu.

“Pihak desa dan masyarakat juga harus aktif memberikan laporan. Peran aktif semua masyarakat sangat diperlukan guna mendukung upaya mitigasi bencana,” ujar bupati.

Rawan bencana longsor

Pemkab Banjarnegara juga menggandeng TNI/Polri, instansi vertikal, organisasi-organisasi dan relawan untuk meningkatkan kesiapsiagaan. Mengingat, Banjarnegara merupakan kabupaten yang rawan terjadinya longsor.

Kepala Satasiun Geofisika Banjarnegara (BMKG Banjarnegera) Setoajie Prayodhie mengatakan, masyarakat diminta untuk waspada. Terutama yang tinggal di lokasi rawan bencana yaitu di area lereng atau perbukitan.

“Menjelang puncak musim hujan intensitas hujan terus meningkat, sehingga kita perlu mewaspadai bencana hidrometeorologi seperti banjir, longsor dan angin kencang. Terutama bagi mereka yang tinggal di lokasi rawan bencana,” ungkapnya.

BMKG Banjarnegara juga telah melakukan sosialisasi tentang risiko peningkatan intensitas hujan. Tujuannya yaitu agar masyarakat bisa meningkatkan kewaspadaan. Selain itu, bisa mengambil langah mitigasi bencana yang diperlukan Ketika terjadi bencana. (*)

Related Articles

Back to top button