fbpx
Kabar Daerah

Ambyar! Geram Hanya Ada Satu Paslon, Warga Deklarasi Dukung Kotak Kosong dalam Pilbup Wonosobo

WONOSOBO, energibangsa.id — Dilansir dari detik.com, Rabu (7/10) lalu, dikabarkan sejumlah warga mengatasnamakan Aliansi Masyarakat Peduli Demokrasi Wonosobo mendeklarasikan dukungan terhadap kotak kosong. Hal itu karena Pilkada Wonosobo 2020 hanya diikuti satu pasangan calon bupati dan wakil bupati.

Deklarasi kotak kosong ini digelar di Desa Candimulyo, Kecamatan Kertek, Wonosobo. Selain deklarasi, juga terlihat spanduk ajakan untuk memilih kotak kosong.

Dalam spanduk tersebut terlihat tata cara mencoblos kotak kosong. Di bagian bawah juga terdapat tulisan, ‘jangan golput, kotak kosong lebih yahud’.

Ketua Aliansi Masyarakat Peduli Demokrasi Wonosobo, Sopingi, mengatakan deklarasi kotak kosong ini sebagai penyeimbang demokrasi di Pilbup Wonosobo. Mengingat hanya ada satu pasangan calon yang menjadi peserta Pilkada yakni pasangan Afif Nurhidayat dan Muhammad Albar.

“Ini sebagai penyeimbang demokrasi. Karena kalau hanya satu pasangan kenapa tidak langsung dilantik saja,” ujar Sopingi usai melakukan deklarasi kotak kosong di Desa Candimulyo, Rabu (7/10/2020) lalu.

Nantinya, aliansi ini akan melakukan sosialisasi kepada calon pemilih di Pilkada Wonosobo. Tujuannya, agar calon pemilih tahu ada kotak kosong yang sah dipilih secara konstitusi.

“Jadi dengan adanya deklarasi ini agar masyarakat tahu dan mendengar ada pilihan lain. Kan memilih kotak kosong secara konstitusi sah-sah saja,” kata dia.

Ia mengaku aliansi ini sudah mendapat respons hangat dari masyarakat. Bahkan, pihaknya siap memenangkan kotak kosong dalam Pilkada Wonosobo.

“Terkait aliansi ini, respons masyarakat lumayan bagus, dan kami memang ada target pemenangan,” tuturnya.

Adapun Pilkada Wonosobo 2020 hanya diikuti satu paslon, yakni Afif Nurhidayat dan Muhammad Albar. Ketua dan Wakil Ketua DPRD Wonosobo itu diusung koalisi di antaranya PDIP, PKB, Hanura, NasDem, Golkar, PAN, dan Demokrat.(*)

Related Articles

Back to top button