fbpx
Religius

Amalan Agar Cepat Kaya, Kerja Keras Saja Tak Cukup!

ENERGIBANGSA.ID—Sobat energi tentu tak ingin hidup dalam kemiskinan, bukan? Oleh sebab itu kita dituntut untuk kerja keras dan berlomba-lomba mencari rizki.

Tapi, ingat! Kerja keras saja itu tak cukup, sob! Kalian mesti harus membarengi kerja keras itu dengan doa dan amal baik.

Melansir artikel Okemuslim, Rabu (18/9/2019), salah satu amalan agar cepat kaya yakni dengan mengucapkan salam, dilanjut dengan membaca surat Al Ikhlas.

Amalan ini bisa mengatasi kesulitan ekonomi dalam dunia serta dilimpahkannya rezeki yang banyak. Jika kita rutin mengamalkan amaliah tersebut, Insyaallah bisa menjadi kaya.

Syekh Nawawi dalam kitab Tafsir Marâh Labîd menuturkan:

“Dari Sahl bin Sa’d, seorang laki-laki datang kepada Nabi SAW dan mengadu kepadanya perihal kefakiran. Rasul bersabda, ‘Bila engkau memasuki rumahmu, ucapkanlah salam bila di dalamnya ada seseorang. Bila tidak ada seorang di dalamnya, maka bersalamlah untuk dirimu dan bacalah surat qul huwallâhu ahad sekali.’ Lelaki itu mengamalkannya. Allah melimpahkan kepadanya rezeki hingga meluber kepada para tetangganya.”

Lalu bagaimana jika di rumah sedang tidak ada orang?

Imam Nawawi berdasarkan pemaran Ibnu Abbas dan Qatadah;

“Ibnu Abbas berkata, ‘Bila tak ada siapapun di dalam rumah, maka ucapkanlah ‘assalâmu ‘alainâ min qibali rabbinâ’ (keselamatan bagi kami dari Tuhan kami). Adapun Qatadah berkata: ‘Bila engkau memasuki rumahmu, maka ucapkanlah salam kepada keluargamu. Mereka lebih berhak mendapatkan salam daripada orang lain yang engkau salami. Bila engkau memasuki sebuah rumah yang tak ada seorang pun di dalamnya, ucapkanlah, ‘assalâmu ‘alainâ wa ‘alâ ‘ibâdillâhis shâlihîn,’ (keselamatan bagiku dan bagi hamba-hamba Allah yang saleh).

Dengan demikian, narasi salam yang diucapkan ketika tidak ada orang lain adalah ‘assalâmu ‘alainâ min qibali rabbinâ’ atau assalâmu ‘alainâ wa ‘alâ ‘ibâdillâhis shâlihîn, kemudian lanjut membaca surat Al Ikhlas sekali.

Oleh Okezonemuslim, artikel ini dilansir dari laman tebuirengonline pada Rabu (18/9/2019) silam. Meski demikian, artikel tentang amalan cepat kaya ini masih relevan diamalkan hingga saat ini. Semoga bermanfaat! (*)

Related Articles

Back to top button