Komunitas

Alumni PWK dan SDGs Center Undip Semangat Bersih Sungai di Kaki Gunung Ungaran

UNGARAN, energibangsa.id – Aksi sosial bersih sungai di Desa Samban, Bukit Kendalisodo, Kaki Gunung Ungaran dilakukan Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Planologi Undip serta SDGs Center Undip, Minggu (28/8/2022).

Ketua IKA Departemen Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) atau Planologi Undip Mohammad Saleh mengatakan, kegiatan ini sebagai wujud implementasi dari komitmen upaya memelihara sumber daya air dan kampanye terkait tujuan pembangunan berkelanjutan.

Saleh menambahkan, aksi sosial ini  sekaligus untuk memperingati 30th Departemen Perencanaan Wilayah dan Kota, Universitas Diponegoro.

“Masih dalam rangkain HUT 30 tahun Jurusan perencanaan wilayah dan kota atau PWK (planologi) Undip, alumni bersinergi untuk kerja nyata dalam aksi sosial sebagai wujud komitmen upaya pemeliharaan sumber daya air dan tujuan pembangunan berkelanjutan,” kata pria yang juga Ketua Komisi A DPRD Jateng ini.

Sementara itu, Tim IKA Planologi dan SDGs Center Undip bahu membahu dengan masyarakat dan tokoh setempat membersihkan aliran sungai di Desa Samban.

Mulai pukul 07.00 WIB -10.00 WIB, kegiatan aksi sosial bersih sungai Desa Samban meliputi wilayah RT 03, RT 05 dan RT 07 di wilayah RW 02 Desa Samban

Dalam sambutannya, Ketua RW 02 Susanto menyampaikan terimakasih dan mengapresiasi adanya kegiatan aksi sosial ini yang telah dilakukan bersamaan dengan warga sekitar dan dari Pihak Undip.

“Kegiatan ini diharapkan dapat kesadaran warga agar tetap mempertahankan dan menjaga kebersihan aliran sungai dari sampah,” jelasnya.

Kegiatan kali ini dilakukan pengambilan sampah, pembersihan aliran sungai, dan penimbangan sampah ke TPS dengan menghasilkan sampah y 80% organik dan 20% anorganik.

Sampah 520 kg (setengah ton lebih) diambil dari dua titik 500 kg (RT 03 dan RT 05) serta di titik ke-3 sejumlah estimasi 20 kg dilingkungan RT 07 dengan estimasi panjang aliran sungai seluas 3 km yang membelah di wilayah ke 3 RT tersebut.

Kegiatan ini dibagi 3 titik lokasi di Desa Samban yang dikoordinatori oleh Herlambang Indra selaku Alumni Planologi Undip, dibantu perwakilan warga RT 03 (Muji dan Kosim), RT 05 (Bapak Kasdik) dan RT 07 (Aji), SDGs Center dan dari Pihak Departemen Perencanaan Wilayah dan Kota, Undip yang diwakili Rukuh Setiadi, ST, MEM, Ph.D selaku dosen di kampus tersebut.

Rukuh dalam sambutanya sekaligus menutup kegiatan ini berharap semoga aksi sosial ini membawa dan memberikan semangat untuk menjaga kebersihan di daerah aliran sungai sekitar.

“Semoga kegiatan ini memberikan semangat bagi kita semua dan warga sekitar untuk menjaga kebersihan lingkungan, serta untuk kegiatan program lainnya dalam bersih pantai dan sungai di titik titik lainnya dalam memperingati 30 tahun Departemen Perencanaan Wilayah dan Kota bisa berjalan lancar dan memberikan semangat, kerja sama dalam gotong royong serta antusiame masyarakat sekitar dalam menjaga kebersihan lingkungan sekitar,” jelasnya.

Sementara itu, Herlambang Indra (Alumni PWK Angkatan 2015) selaku koordinator aksi lapangan mengatur teknis dan mobilisasi tim.

Tim IKA Planologi dan SDGs Center Undip dibagi dalam 3 (tiga) tim yang disebar di tiga titik lokasi.

“Dalam kegiatan ini telah dilakukan pengambilan, pembersihan aliran sungai, dan penimbangan, serta pengangkutan sampah ke TPS dengan mengerahkan satu armada mobil bak terbuka. Sebanyak 80 persen sampah yang berhasil diangkut adalah sampah organik dan 20 persennya  anorganik, dengan total 520 kg sampah,” jelasnya.

Sebelumnya, aktivis Ikatan Alumni Planologi Undip (IKA Planologi Undip) melakukan aksi bersih-bersih sungai dalam rangka HUT ke-30 Departemen Perencanaan Wilayah dan Kota, Fakultas Teknik Universitas Diponegoro, Jumat (26/8/2022).

IKA Planologi Undip bersama warga Graha Naya Buaran serta OPD Pemkot Pekalongan melakukan aksi bersih sungai Bremi.

Kegiatan ini dilaksanakan bersama warga Graha Naya Buaran, dan bersinergi pula dengan sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) seperti DPUPR, DLH, BPBD, Dinas Kesehatan, BPSDA serta pihak kecamatan dan kelurahan setempat.

Sebelumnya pada Jumat (12/8/2022) aksi serupa dilakukan di sungai Wonokerto Kabupaten Pekalongan.

Di ulang tahun ke-30, Planologi Undip mengadakan kegiatan bersih pantai dan sungai di 30 titik se-Indonesia.

Related Articles

Back to top button