Komunitas

Alumni Planologi Undip Ajak Komunitas Bersih Pesisir Pantai Tirta Ayu Indramayu

INDRAMAYU, energibangsa.id – Alumni Departemen Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) atau Planologi Fakultas Teknik Undip menggandeng sejumlah komunitas untuk melakukan Aksi Bersih Pesisir di Pantai Tirta Ayu Kecamatan Balongan Kabupaten Indramayu, Sabtu (17/09/2022).

Acara ini merupakan rangkaian HUT ke-30 jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) atau Planologi Fakultas Teknik Undip, selain itu kegiatan ini juga merupakan bentuk partisipasi dalam memperingati World Clean Up Day 2022.

Sejumlah 50 anggota komunitas yang ada di wilayah Kabupaten Indramayu berkolaborasi bersama menggelar kegiatan membersihkan pesisir pantai.

Staf Senior Pemberdayaan Masyarakat Desa (SSPMD) Jawa Barat Hilmi Hilmansyah selaku Koordinator kegiatan Aksi Bersih Pantai ini menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada mitra kolaborasi yang hadir dan terlibat pada kegiatan Aksi Bersih Pesisir.

Dalam kegiatan sosial yang merupakan rangkaian HUT ke-30 Departemen Perencanaan Wilayah dan Kota, Fakultas Teknik Universitas Diponegoro ini berhasil mengumpulkan dan membersihkan sebanyak 300 kg sampah di pesisir dan 5 ton lebih sampah di TPS yang diangkut ke TPA.

Hilmi menjelaskan, ribuan kilogram sampah tersebut berhasil dibersihkan dalam kegiatan bersih pantai sepanjang bibir pantai, yang masuk wilayah Kabupaten Indramayu.

“Tujuan kegiatan untuk mengedukasi masyarakat untuk mengelola sampah dengan bijak untuk mengurangi sampah laut dan pencemaran lingkungan,” ucapnya.

Hilmi menyatakan Aksi Bersih Pesisir ini merupakan wujud nyata bahwa menjaga kelestarian lingkungan merupakan tanggung jawab bersama, bukan urusan satu pihak saja.

Dirinya berharap semoga kegiatan ini dapat menjadi pemantik kegiatan pelestarian lingkungan lainnya di Kabupaten Indramayu.

Selain itu, Hilmi Hilmansyah juga menyampaikan terima kasih kepada Bupati Indramayu Nina Agustina Da’i Bachtiar atas dukungannya dalam kegiatan ini melalui DLH dan DPUPR Kabupaten Indramayu.

“Terima kasih kepada Ibu Bupati yang sudah sangat peduli dengan kebersihan lingkungan di Kabupaten Indramayu juga atas dukungan yang diberikan melalui DLH dan DPUPR. Semoga kegiatan ini dapat dapat menciptakan Indramayu yang bersih sebagai perwujudan Indramayu Bermartabat,” pungkas Hilmi.

Sementara itu, Ketua Panitia HUT 30 Tahun PWK FT Undip Mamo Arief Sudarmono menambahkan, bahwa kegiatan bersih pantai dan juga sungai dalam rangkaian HUT planologi ini akan dilaksanakan di 13 titik di seluruh Indonesia.

Beberapa organisasi dan komunitas diantaranya Patriot Desa Jawa Barat, Rumah Kreatif Indramayu, BEM Vokasi UI, UMKM Millenial Indramayu, Komunitas Cinta Lingkungan, Komunitas Pecinta Alam, Komunitas Mitigasi Resiko Bencana, FKP3D Kabupaten Indramayu, Relawan Indonesia, Kaldera Sispala SMK 1 Balongan, Sigma Rescue, dan Wiralodra Dare Community.

Kegiatan ini didukung pula oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Indramayu.

Rosuli dari Rumah Kreatif Indramayu yang turut memberikan sambutan menekankan pentingnya keberlanjutan kegiatan penjagaan lingkungan ini.

Turut hadir pula mahasiswa dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Vokasi Universitas Indonesia yang sengaja datang dari Jakarta untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Perwakilan BEM Vokasi UI juga menyampaikan dukungan pada kegiatan Aksi Bersih Pesisir, sekaligus menyampaikan pula kegiatan lain yang dilaksanakan BEM Vokasi UI di Kabupaten Indramayu, yaitu penanaman bakau di Eretan Kulon.

Selanjutnya seluruh pihak yang terlibat membersihkan area pantai bersama-sama.

Sampah dikumpulkan ke dalam kantong-kantong sampah kemudian ditimbang terlebih dahulu sebelum diangkut oleh kendaraan dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Indramayu untuk dibawa ke TPA.

Related Articles

Back to top button