fbpx
Kabar Daerah

Alokasikan Dana Sebesar Rp2 Miliar, Pemkab Jepara : Untuk Antisipasi Bencana 2021

JEPARA, energibangsa.id – Pemerintah Kabupaten Jepara mengalokasikan anggaran Rp2 miliar kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) tahun 2021 nanti. Anggaran ini bersumber dari APBD 2021.

Dilansir dari jatengprov.go.id, Jumat (18/12), alokasi anggaran ini digunakan untuk antisipasi dan juga penanganan dampak bencana untuk tahun depan. Baik itu bencana banjir, angin puting beliung, tanah longsor, kekeringan dan lainnya.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Jepara, Kusmiyanto mengatakan, selain dari dana APBD juga didapatkan dana dari corporate social responsibility (CSR) di tiap tahunnya. Namun, pada tahun ini mengalami kesulitan karena sektor industry sedang mengalami kelesuan karena Covid-19.

IRBI Jepara tinggi

Tahun 2021 menjadi tantangan karena pemasukan dana CSR masih belum bisa untuk diprediksi. Sedangkan indeks risiko bencana Indonesia (IRBI) Kabupaten Jepara memiliki indeks yang tinggi. Hal ini dikarenakan Jepara terdiri dari pegunungan, perbukitan dan lautan.

Berdasarkan IRBI, Jepara menempati urutan ke-10 dari 35 kabupaten/kota se-Jawa Tengah. Sedangkan tingkat nasional memiliki nilai skor sebesar 163,20 poin.

Bupati Jepara, Dian Kristiandi mengatakan, seluruh masyarakat diharapkan untuk tetap waspada bencana. Ia juga mengingatkan siklus bencana lima tahunan seperti yang diprediksi oelh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yaitu munculnya siklus La Nina.

“Perhatikan kondisi pohon-pohon di jalan. Lakukan pemangkasan yang sekiranya mengganggu,” ungkapnya. (*)

Related Articles

Back to top button