fbpx
Kabar Daerah

Alhamdulillah, Pemkab Demak Salurkan Bantuan Makanan Untuk Korban Banjir Sayung

DEMAK,energibangsa.id – Pemerintah Kabupaten Demak menyalurkan 1.000 paket makanan matang untuk warga di Desa Sayung yang terdampak banjir.

Melalui Camat Sayung Sururi yang di dampingi Danramil Sayung Edy Suwarso, dan Kapolsek Sayung Priyono bantuan ini diberikan pada Minggu (7/2/2021) kemarin.

Sururi menuturkan bahwa bantuan ini dikirimkan langsung dari dapur umum Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA).

“Kami masih akan terus mengirim bantuan secara berkala. Ini distribusi pertama, kloter pertama baru 1.000 jangan sampai makanan itu basi,” ujarnya.

Bantuan 10.000 porsi makan

Bantuan makanan direncanakan akan dikirim sebanyak 10.000 porsi. Ketika makanan matang, akan segera dikirim ke desa.

Seluruh bantuan makanan ini ditargetkan selesai dalam waktu dua hingga tiga hari.

“Perjalanan dari Dinsos lancar, yang penting makanan cepat dibagikan agar tidak basi. Tepat waktu, tepat sasaran,” ujarnya.

Kepala Desa Sayung, Munawir menerima bantuan secara langsung. Ia berterimakasih atas makanan yang sudah dikirimkan.

Hal ini dikarenakan warga desa tidak bisa memasak karena wilayah Desa Sayung terendam banjir hingga ke dapur.

Dapur umum yang didirikan di Balai Desa Sayung juga ikut terendam banjir. Maka dari itu Pemkab membuat dapur umum di Dinsos kemudian di dropping di Desa Sayung.

Penyebab banjir

Penyebab banjir saat ini adalah debit Sungai Dombo meninggi di musim hujan sehingga melimpas ke Desa Prampelan, Tambakroto, Loireng, dan Desa Sayung.

“Kebetulan Desa Sayung cekungannya agak tajam. Ini pemerintah, dari Forkopimcam, dari semua relawan untuk menangani masalah bencana ini,” tegas Sururi.

Berdasarkan informasi, sekitar 3.000 rumah terendam di Desa Sayung. Banjir saat ini masih cukup tinggi bahkan mencapai ketinggian 60 cm. (Nicola/EB)

Related Articles

Back to top button