fbpx
Teknologi

Alexa Rank, Tools untuk Mengecek Ranking Popularitas Website

Energibangsa.id – Di era digital sekarang ini, website tidak hanya berfungsi untuk sekedar tampilan company profile saja, melainkan juga berfungsi seperti kantor digital yang harus siap ‘membuka pintu’ layanan 24 jam kapanpun pengunjung datang.

Fungsi-fungsi website sekarang juga tidak hanya sebatas informasi company profile semata, melainkan juga bisa sebagai tempat pendaftaran member untuk registrasi, juga untuk mendukung sistem layanan transaksi, dan tentunya tidak meninggalkan fungsi dan perannya sebagai pusat informasi.

Website adalah Kantor Virtual

Begitu juga seharusnya di website usaha Anda. Selain fungsi-fungsi di atas, peran website usaha anda juga harus menjadi solusi atas kemudahan layanan yang harus diberikan kepada pengunjung sebagai pelanggan.

Sebagaimana sebuah kantor, website anda butuh system ‘security’ untuk mengamankan dari ancaman tamu-tamu yang hendak berbuat jahat, butuh system ‘administrator’ mampu mengkalkulasi transaksi secara otomatis.

Butuh system ‘customer care’ yang menjawab pertanyaan-pertanyaan pengunjung secara otomatis 24 jam, butuh butuh ‘desainer grafis’ yang bertugas menjaga estetika tampilan kantor virtual tersebut.

Selain juga butuh sistem ‘marketing’ agar visitor semakin tinggi, dan probabilitas member dari sisi internal maupun eksternal semakin meningkat.

Nah, bagaimana cara mengecek kualitas sebuah website? tim teknologi energibangsa.id akan memaparkan ulasannya berikut:

Tools Analisa Website

Ada banyak tools analisa website di luar sana. Salah satu yang terkenal adalah Alexa. Tools marketing milik Amazon ini menyediakan data lengkap sebuah website dan juga memberi Anda ranking website berdasarkan data mereka yang disebut Alexa Rank.

Apa itu Alexa Rank? Alexa Rank adalah sebuah tool marketing yang menggunakan data traffic sebuah website untuk me-ranking website popular. 

Alexa Rank banyak digunakan oleh bisnis untuk menganalisa kompetisi. Ranking Alexa ditentukan dengan menggabungkan data estimasi jumlah pengunjung website dan berapa banyak halaman yang dikunjungi pengunjung website.

Alexa sendiri awalnya adalah perusahaan di California yang didirikan pada tahun 1996 dan diambil alih oleh Amazon pada tahun 1999. Alexa memang fokus di bidang pengumpulan data traffic website.

Pada awalnya, Anda membutuhkan toolbars dan extension browser untuk mengumpulkan data. Dengan data-data ini, Alexa membantu berbagai bisnis untuk berkembang. Salah satunya adalah Wayback Machine, sebuah arsip Internet.

Nah, apakah sobat energi mau kenalan dengan Alexa yang pintar dan disebut-sebut menjadi assinten smarthome yang sangat berguna dan peka?

DIkutip dari blogger sifaassudhur, Sebenarnya Alexa adalah situs yang menyediakan sarana, untuk mendapatkan informasi tentang peringkat suatu situs, dan termasuk anak perusahaan dari Amazon.com.

Karena ia  sebenarnya mengetahui apapun tentang data pencarian, yang biasa nya di search oleh para peselancar internet, dan semua itu akan dikirimkan dan diterima oleh Alexa.

Memang tujuan utama saat didirikan adalah untuk menjadikannya sebuah penyimpanan data, seperti layaknya sebuah perpustakaan.

Dari situlah, mengapa mereka bisa tahu persis trafic web perusahaan beserta ranking mereka, mau itu dalam suatu negara atau global. Dan pada tahun 2014, alexa mulai memberikan data trafic dan rangking tersebut kepada pelanggannya yang ingin tahu tentang perkembangan mereka.

Lalu, baru kita mengenal apa itu Amazon Echo. Merupakan suatu perangkat speaker bluetooth yang diselipkan sistem Alexa didalamnya. Inilah mengapa Amazon Alexa bisa diajak mengobrol dan menjawab berbagai pertanyaan.

Tak hanya itu saat kita menanyakan cuaca hari ini, berita, atau informasi terkini ia akan menjawab dengan isi yang terapdate. Karena Alexa terus memperbarui lewat cloud Amazon.

Tidak hanya dapat menjawab pertanyaan atau memberi informasi, ia juga bisa menerima perintah pemiliknya. Selama perangkat yang akan dituju Amazon Echo ini terhubung WiFi, ia akan menjalankan tugasnya dengan sangat baik.

Semisal, smarthome Anda menggunakan lambu otomatis dan wireless, Anda hanya harus mengatakan “Alexa, turn off the light” maka lampu akan mati dengan sendirinya. Wahhh.. canggih ya. (yab/EB)

Related Articles

Back to top button