fbpx
Nasional

Alat Deteksi GeNose Mulai Dipakai Penumpang Terminal Bus Pulo Gebang, Kabar Baik!

SEMARANG, energibangsa.idKementerian perhubungan mulai melakukan pengecekan tes Covid-19 menggunakan alat deteksi GeNose di Terminal Bus Pulo Gebang Cakung Jakarta Timur.

Melansir CNBC, Senin (8/2/2021), deteksi dini (screening) ini dilakukan secara acak dan gratis untuk para calon penumpang bus.

Pengecekan dimulai pada hari Minggu, 8 Februari 2021 dengan target sebanyak 50-100 orang per hari.

Nantinya, program ini akan terus berlanjut dan diterapkan juga di beberapa terminal tipe A lainnya.

Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati, mengatakan merujuk pada Surat Edaran Satgas Penanganan Covid-19 bagi para calon penumpang bus, sifatnya berupa imbauan (tidak wajib).

Pengecekan Gratis!

“Ini merupakan inisiatif kami untuk menyediakan pengecekan melalui GeNose secara gratis mulai hari ini. Selanjutnya, akan diterapkan juga di beberapa terminal besar di DKI,” katanya dalam keterangan resmi, Minggu (7/2/2021).

Direktur Jenderal Perhubungan Provinsi DKI Jakarta Budi Setiadi mengatakan, pengecekan kesehatan menggunakan GeNose ini baru mulai dilaksanakan pada kemarin, Minggu, di Terminal Pulo Gebang secara gratis melalui subsidi dari Kemenhub.

Nantinya, upaya itu akan diterapkan pula di sejumlah terminal tipe A yang ada di seluruh wilayah Indonesia.

Selain di terminal, pengecekan GeNose juga akan diterapkan di pelabuhan penyeberangan.

Tidak seperti pada transportasi kereta api antarkota (jarak jauh) yang menjadi syarat wajib bagi para calon penumpangnya. (*)

Related Articles

Back to top button