Kabar IndonesiaOlahraga

Alasan Audisi Beasiswa Bulutangkis PB Djarum Dihentikan

ENERGIBANGSA.ID – Pasca berseteru dengan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), PB Djarum memutuskan untuk menghentikan audisi umum beasiswa bulutangkis pada tahun depan.

Langkah tersebut telah dikonfirmasi oleh Direktur Program Bakti Olahraga Djarum Foundation, Yoppy Rosimin dalam konferensi pers di Hotel Aston Imperium, Purwokerto, Sabtu (7/9/2019). Sehingga tahun 2019 adalah tahun terakhir penyelenggaraan audisi umum bulutangkis oleh PB Djarum.

“Tahun ini merupakan tahun perpisahan dari kami. Tahun depan event audisi ditiadakan,” terang Yoppy.

Energi Bangsa mencatat, event yang rutin digelar setiap tahun dan telah mencetak banyak atlet berprestasi ini terpaksa diakhiri setelah adanya dugaan eksploitasi anak yang dilayangkan oleh KPAI.

[Baca juga: Hari Anak Nasional, Pemerintah Dituntut dan Ditagih Penuhi Hak Anak Down Syndrome]

Pihak KPAI menilai PB Djarum memanfaatkan anak-anak sebagai sarana untuk mempromosikan brand Djarum yang lekat dengan produk rokok.

Mengacu pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 109 tahun 2012 tentang Pengamanan Bahan yang Mengandung Zat Adiktif Berupa Produk Tembakau Bagi Kesehatan, KPAI berasumsi penyelenggaran audisi umum beasiswa bulutangkis oleh Djarum dengan mengekspoitasi anak.

[Baca juga: Kenapa Artis Banyak Terjerat Narkoba? Berikut Alasannya]

Sehingga muncul pernyataan dari pihak KPAI agar Djarum Foundation menghentikan penggunaan anak sebagai media promosi produk.

Sebelumnya, PB Djarum telah mengupayakan solusi untuk permasalahan ini. Namun KPAI menolak solusi yang ditawarkan dan meminta agar audisi yang berjalan steril dari brand Djarum.

“Saya sudah kasih usul tidak ada nama Djarum untuk nama event-nya. Selain itu, jersey yang dipakai peserta juga tidak ada tulisan Djarum-nya dan mereka bisa memakai kaos yang dibawa sendiri,” kata Yoppy.

Yoppy menambahkan bahwa ia tidak dapat menghapus nama Djarum secara keseluruhan, namun intensitas penggunaan nama Djarum sudah sangat diminimalkan.

Akibatnya, PB Djarum memutuskan pada bulan November tahun ini sebagai masa akhir penyelenggaraan audisi umum bulutangkis. Menyikapi hal itu, Yoppy menyerahkan jalannya audisi kepada publik atau pihak swasta lain untuk bersedia untuk menyelenggarakan audisi.

Related Articles

Back to top button