Kabar Indonesia

Akur, Fadli Zon Dukung Jokowi Beli Mobil Dinas Baru

ENERGIBANGSA.ID – Sempat kontra terkait beberapa kebijakan Presiden Jokowi, kali ini Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon memiliki penilaian lain seputar wacana pembelian mobil dinas.

Ditemui oleh awak media di Gedung Nusantara II Kompleks DPR RI, Senayan, Jakarta, Fadli mendukung rencana Jokowi untuk melakukan peremajaan kendaraan dinas untuk pejabat.

“Ya tentu ada pertimbangan ya. Kalau tidak salah sih, mobil yang dipakai sekarang ini usianya udah 9 tahun apa 10 tahun gitu. Jadi kalau tidak salah, harusnya pada periode yang lalu akan diganti,” ujar Fadli Zon.

[Baca juga: Ricuh Mahasiswa Papua di Manokwari, Fadli Zon: Indonesia Negara Toleran!]

Menurutnya, peremajaan ini perlu dilakukan sebab mobil yang dipakai saat ini sudah terlalu lama dan bila dilakukan maintenance justru akan membuat pembengkakan biaya.’

Informasi yang dihimpun Energi Bangsa menunjukkan bahwa sebelumnya pada tahun 2014, wacana penggantian mobil dinas telah digaungkan oleh mantan Presiden SBY. Namun saat Jokowi menjabat sebagai Presiden, wacana tersebut menguap dan tender pengadaan mobil pun dibatalkan.

Setelah lima tahun berselang, kini Jokowi menyetujui pengadaan mobil dinas baru. Rencananya, mobil-mobil untuk para menteri dan pejabat setingkatnya ini harus memenuhi beberapa syarat spesifikasi.

[Baca juga: 10 Mobil ‘Made in Indonesia’ Laris di Luar Negeri]

Berdasarkan Keputusan Menkeu Nomor 577/KM.6/2017 tentang Modul Perencanaan Kebutuhan Barang Milik Negara untuk Penyusunan Rencana Kebutuhan Barang Milik Negara, mobil menteri kualifikasi A1 harus berupa mobil sedan dengan mesin 3.500 cc/6 silinder atau mobil jenis SUV 3.500 cc/6 silinder.

Kalau menurut Sobat Energi, apakah para pejabat kita sudah saatnya dapat mobil dinas baru? Dan kira-kira apakah akan memakai mobil Esemka asal Solo? Hmm.. mari kita lihat nanti.

Related Articles

Back to top button