Olahraga

Aksi Unik Suporter Bola Ini Hanya Ada di Indonesia

ENERGIBANGSA.ID – Aksi unik dan kreatif para suporter bola tanah air layak disebut sebagai militan. Aksi-aksi yang mereka lakukan pada kompetisi sepak bola tanah air turut menyemarakkan jalannya pertandingan.

Aksi para pendukung Timnas dari atas tribun patut diacungi jempol karena tidak ada duanya. Rasa kekeluargaan dan solidaritas dijunjung tinggi demi membela tim kebanggannya.

Tak jarang mereka tampil all out dengan berbagai macam cara seperti mewarnai rambut sesuai dengan warna logo tim kesayangan. Bahkan ada pula yang mewarnai tubunya serupa bendera merah putih serta berbagai aksi gila lainnya.

Bila supoter pertandingan sepak bola di dunia biasanya hanya memberikan dukungan dengan meneriakkan yel-yel, berbeda halnya dengan suporter dari negara +62.

Berikut adalah beberapa aksi nyeleneh para suporter Indonesia yang ditemukan oleh Tim Energi Bangsa.

Menggemakan Selawat Dalam Stadion

Menyayikan lagu mars tim kebanggan merupakan satu hal yang lumrah pada pertandingan sepak bola. Namun ada aksi lucu yang datang dari tim Barito Putera. Para suporter bola ini menggemakan selawat Islami dengan lantang.

[Baca juga: Ingin Persijap Berjaya, Inilah yang Harus Dilakukan (1)]

Aksi selawatan ini dilakuan dengan dalih supaya tim mereka memenangkan pertandingan atas kekuatan doa. Selain itu, lantunan selawat mereka yakini dapat meredam kerusuhan.

Melakukan Ritual Menolak Bola

Hal unik lain yang tak kalah kocak adalah ritual menolak bola. Di Indonesia sendiri sering kita dengar adanya ritual menolak hujan bagi orang yang akan memiliki hajatan. Ritual ini akan menjadi cerita lain bila jatuh di tangan para suporter sepak bola tanah air.

Agus Jamali, suporter Persebaya yang pernah melakukan aksi tolak bola

Ritual menolak bola menjadi salah satu ritual aneh yang sempat dilakukan oleh para suporter. Alat yang digunakan untuk melakukan ritual menolak bola ini adalah cambuk. Cambuk di sini berguna untuk menolak bala, yakni masuknya bola dari tim lawan. Aksi ini pernah dilakukan oleh mendiang Agus Jamali ketika mendukung Timnas Indonesia.

Menggunakan Kostum Hantu Sebagai Teror Pihak Lawan

Negara Indonesia yang kental dengan nuansa mistis menjadikan latar belakang bagi suporter sepak bola untuk melakukan teror kepada lawan. Mereka menggunakan kostum hantu untuk mengintimidasi lawan.

Seorang suporter Timnas tertangkap kamera menggunakan kostum pocong saat menonton pertandingan sepak bola

Beberapa hantu populer di Indonesia menjadi sumber referensi untuk ditampilkan di tribun. Kostum yang biasa mereka kenakan adalah pocong, kuntilanak, genderuwo, buto ijo. Aksi ini turut mengundang gelak tawa sehingga dapat meminimalkan kerusuhan.

Nah gimana Sobat Energi, apakah dengan cara-cara unik tersebut persepakbolaan Indonesia akan menjadi lebih kondusif? Terlepas dari hal itu, para suporter ini patut diacungi jempol. Menjaga kekompakan dan menghormati lawan patut diutamakan pada suporter kita yang rentan rusuh. Semoga kerusuhan pada laga pertandingan Indonesia melawan Malaysia semalam tidak kejadian lagi, ya.

  • Artikel ditulis oleh Siti Nurhayati, Mahasiswi Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Dian Nuswantoro

Related Articles

Back to top button