Komunitas

Aksi IKA PWK Undip Bersih Sampah di Pantai Alam Indah Tegal

TEGAL, energibangsa.id – Ikatan Alumni Perencanaan Wilayah dan Kota, Universitas Diponegoro (IKA PWK UNDIP) wilayah Bregasmalang menggelar aksi sosial bersih pantai dan sungai di Pantai Alam Indah, Tegal, Minggu (28/8).

Acara ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati HUT ke-30 Departemen Perencanaan Wilayah dan Kota, UNDIP.

Kegiatan Bersih Pantai dan Sungai ini rencananya akan diselenggarakan di 30 titik di seluruh nusantara dalam rentang waktu Agustus hingga September mendatang.

Kegiatan ini dihadiri para alumni dari berbagai angkatan dan profesi yang berasal dari wilayah Bregasmalang (Kabupaten Brebes, Kota Tegal, Kabupaten Tegal dan Kabupaten Pemalang.

Pelibatan para alumni dari wilayah Bregasmalang serta dukungan dari Pemerintah Daerah dan pihak terkait lainnya adalah sebagai bentuk sinergi yang ingin dibangun kampus dengan dunia luar.

Hal ini selaras dengan tagline yang dicanangkan, yakni 30 Tahun Planologi Bersinergi.

Kegiatan ini didukung oleh Pemerintah Kota Tegal melalui Dinas Kepemudaan dan Olahraga, dan Pariwisata Kota Tegal dengan memberikan izin kepada Panitia Bersih Pantai dan Sungai yang berada di Semarang untuk menggelar aksinya di PAI, Kota Tegal.

Dukungan lain juga diberikan berupa bantuan armada dan personel pengangkut sampah yang disiapkan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Tegal.

Dalam sambutannya sebelum acara dimulai, perwakilan alumni yang diwakili oleh Singgih Primadi alumni Angkatan 95 yang juga Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar, Disdikbud Kota Tegal menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah dalam rangka HUT ke-30 DPWK UNDIP.

Pelibatan para alumni dari Kota Tegal, Kabupaten Tegal, Kabupaten Brebes, dan Kabupaten Pemalang adalah sebagai bentuk sinergitas antardaerah sekaligus menjalin silaturahmi para alumni yang selama ini tersebar di berbagai tempat dan profesi.

Kegiatan bersih pantai di PAI ini menunjukkan bahwa para alumni PWK di daerah juga dapat memberikan karya nyata bagi daerah.

Ke depan diharapkan kegiatan-kegiatan semacam ini dapat rutin dilaksanakan, khususnya yang melibatkan para alumni di daerahnya masing-masing.

Tidak hanya di Kota Tegal, tapi juga di daerah-daerah lain di mana para alumni berada.

Pantai Alam Indah (PAI) dipilih sebagai lokasi Bersih Pantai dan Sungai 30 Tahun DPWK UNDIP.

Menurut Tri Aji selaku PIC kegiatan ini, dimaksudkan untuk ikut andil dalam menjaga kebersihan dan kelestarian pantai di Kota Tegal sekaligus mengenalkan PAI kepada masyarakat luas, baik secara nasional maupun internasional, melalui kegiatan kampus yang melibatkan alumni di daerah-daerah.

Kota Tegal saat ini tengah gencar dalam menata wajah kotanya termasuk mengembangkan dan meningkatkan objek-objek wisatanya dengan menambah berbagai wahana untuk menarik wisatawan dari luar daerah.

“Oleh karena itu, kegiatan bersih-bersih pantai yang digagas oleh DPWK UNDIP dalam usianya ke-30 ini, dapat memberikan kontribusi positif bagi daerah dalam menjaga kelestarian lingkungan dan mengembangkan sektor pariwisata di daerah,” tambah Aji.

Dari kegiatan ini, dari pantai yang panjangnya kurang lebih 700 meter, telah terkumpul sampah seberat kurang lebih 260 Kg yang didominasi sampah anorganik.

Sampah yang telah terkumpul selanjutnya akan diproses di TPST terdekat.

Masih banyaknya sampah yang ada di PAI ini maka perlu ditingkatkan lagi kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan, khususnya lingkungan di objek-objek wisata.

Related Articles

Back to top button