InternasionalKabar IndonesiaTak Berkategori

Akhir Ramadan, LAPAN Ajak Umat Muslim Sempurnakan Arah Kiblat

0
Pengujian arah kiblat. Foto dari blog Thomas Djamaludin

ENERGIBANGSA.ID, – Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) melalui akun Twitternya mengajak umat muslim di Indonesia untuk menyempurnakan arah kiblat dengan melihat arah matahari pada tanggal 26 – 30 Mei 2019. Pada saat tersebut, matahari tepat berada di atas Mekkah.

“Nah, dengan bayangan matahari pada saat-saat tertentu yang disebutkan di bawah ini, arah kiblat dapat lebih mudah dan lebih akurat ditentukan. Waktunya diberikan banyak pilihan, silakan gunakan waktu yang sesuai dengan mempertimbangkan keadaan cuaca dan konversi waktu setempat” tulis Thomas Djamaludin, Kepala Lapan dalam situs blognya.

Saat-saat tertentu yang digunakan adalah pada tanggal 26 – 30 Mei 2019 antara pukul 16.13 – 16.23 WIB untuk daerah yang mengalami siang bersamaan dengan Mekkah seperti Indonesia Barat, Asia Tenggara, Eropa, dan Afrika. Sementara untuk daerah yang mengalami berlawanan dengan Mekkah seperti Indonesia Timur, Pasifik, dan Benua Amerika dapat menentukan waktunya dengan dikonversikan menurut waktu setempat.

Thomas menambahkan, arah kiblat dapat ditentutakan dengan melihat bayangan dari benda vertikal seperti tongkat, kusen jendela atau pintu, dan sisi bangunan. Beri tanda arah bayangan, misalnya dengan sajadah dan buat garis shaf baru berdasarkan arah yang telah ditentukan. Bayangan benda tegak bisa jadi garis arah kiblat. Rentang waktu plus/minus 5 menit masih cukup akurat. Arah kiblat adalah dari tongkat ke ujung bayangan.

Komentar Netizen
Bagikan, agar menjadi energi positif untuk orang lain

Tim Mahasiswa Indonesia Raih Best invention dan Special Award di Rusia

Previous article

Qori Muda Indonesia Juara 1 MTQ Level Dunia

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.