fbpx
Kabar Daerah

Akan Berlibur Ke Dieng? Persiapkan Tes Rapid Antigen Ya..

SEMARANG, energibangsa.id – Dieng meruapakan salah satu tempat wisata yang sering dikunjungi wisatawan baik lokal maupun luar. Dataran tinggi ini terkenal akan keindahan alamnya yang masih terjaga dan menjadi salah satu tempat wisata di Kabupaten Banjarnegara.

Kebijakan tahun ini untuk berlibur tentu berbeda dengan tahun sebelumnya karena mengingat masih pandemi. Maka dari itu jika ingin berlibur ke Dieng saat libur Natal dan Tahun Baru 2021 harus ada beberapa persyaratan nih yang harus dipenuhi.

Dilansir dari Kompas, Kamis (24/12), Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Banjarnegara, Agung Yusianto mengatakan, ada beberapa sayarat untuk berlibur ke Dieng.

Inilah beberapa persyaratan yang perlu dipersiapkan :

  • Rapid tes antigen

Dieng masuk ke dalam provini Jateng namun Pemprov Jateng memeperlakukan kebijakan berlibur periode natal dan tahun baru 2021. Syarat masuk Jateng yaitu wisatawan wajib menunjukkan hasil negatif tes rapid antigen untuk menekan angka penyebaran Covid-19.

Hal ini disampaikan langsung oleh Gubernur Jateng, Gnajar Pranowo. Jika tidak bisa memenuhi persyaratan tersebut, masuarakat disarankan untuk tidak berpergian terlebih dahulu.

“Obyek wisata kita enggak syaratkan tes rapid antigen. Tapi itu dari kebijakan provinsi,” kata Agung Yusianto.

  • Berlaku untuk wisatawan dari luar Jateng

Tes rapid antigen ini dikhususkan bagi wisatawan luar Jateng. Namun, nantinya akan tetap dilakukan tes rapid antigen secara acak yang dilakukan di pintu masuk Wonosobo. Pintu masuk ini merupakan yang paling ramai untuk dilewati wisatawan.

“Itu tes rapid antigen dari provinsi yang lokasi di Dieng itu yang masuknya Kabupaten Wonosobo, bukan Banjarnegara. Secara acak dilakukan dua hari, 24 dan 27 Desember 2020. Tapi di Kawasan wisata yang di Banjarnegara enggak,” ungkap Agung.

Pemorov Jateng memang memberlakukan kebijakan tes rapid antigen bagi siapa saja yang akan masuk Jateng. Syarat ini sudah berlaku sejak 24 hingga 31 Desember nanti.

Stasiun kereta api, bandara dan Pelabuhan di Jateng sudah menerapkan kebijakan ini sejak 18 Desember lalu. Tak hanya itu, nantinya Pemprov Jateng tetap akan melakukan tes rapid antigen secara acak di 11 titik lokasi di Jateng. (*)

Related Articles

Back to top button