Kabar Indonesia

Airlangga Sebut Indonesia Masuk 5 Negara yang Berhasil Tangani Covid-19 dan Dampak Ekonomi

SEMARANG, energibangsa.id – Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto menyebut Indonesia tercatat sebagai negara yang sanggup menangani pandemi Covid-19 secara berimbang dengan dampak yang mengikuti yakni kontraksi ekonomi.

Bangganya, Indonesia bahkan masuk dalam 5 besar negara yang mampu mengatasi dua masalah yang dihadapi hampir setiap negara di seluruh dunia secara seimbang.

“Indonesia ini kontraksi ekonomi relatif lebih rendah dibanding negara lain. Kita termasuk top lima negara yang bisa menangani secara berimbang antara Covid-19 maupun penurunan kontraksi ekonomi,” kata Airlangga dalam talkshow daring bersama Satgas Penanganan Covid-19 yang ditayangkan di kanal YouTube BNPB, Senin (12/10).

Ia menuturkan, keberhasilan Indonesia dipengaruhi angka kematian akibat Covid-19 memiliki case fatality rate di bawah empat persen. Harapannya, nantinya pertumbuhan ekonomi minimal berada di angka nol atau netral.

“Kita harap minimal masuk tren positif atau kurva seperti huruf V. Ujungnya antara minus 1 sampai (minus) 0,6 . Minimal target kita netral. Netral itu restart atau nol,” jelas Airlangga yang juga Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN).

Ketua Umum Partai Golkar tersebut juga menambahkan, fokus pemerintah ke depan adalah pengadaan vaksin Covid-19 untuk kebutuhan dalam negeri. Airlangga menyebut, ada 215 negara yang saling kejar-mengejar dalam pemenuhan kebutuhan vaksin untuk negara-negara masing-masing.

Oleh karena itu, Indonesia sudah mengamankan pengadaan vaksin Covid-19 sejumlah 60 juta dosis untuk dual dose.

“Kemudian, juga fokus kepada pemulihan ekonomi dalam bentuk menggelontorkan sektor UMKM sudah hampir 100 persen pemulihan untuk dananya. Kemudian sektor korporasi juga didorong,” imbuhnya. (Sasa/EB).

Related Articles

Back to top button