fbpx
Ekonomi & Bisnis

Airlangga: Pemulihan Ekonomi Nasional Meningkat 35%

Energibangsa.id (Jakarta) – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartanto, mengatakan realisasi dari program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) meningkat 35%. Hal ini merupakan tren yang baik dari pagu Rp 695 Triliun.

Hal ini diungkapkan dirinya saat memberikan keterangan pers seusai Rapat terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, Senin  (24/8).

“Dibandingkan semester 1 yang kemarin sebesar Rp 124,6 Triliun, per Agustus sudah naik menjadi Rp 173,98 Triliun atau naik 18%” terangnya dikutip dari Kabargolkar.com

Menurutnya, perekonomian agar masuk ke jalur positif, anggaran harus terus didorong untuk penyerapan.  Dorongan tersebut dapat berikan baik di kementerian atau lembaga maupun PEN.

Potret Menteri Koordinator Perekonomian sekaligus Ketua Umum Partai Golongan Karya (Golkar), Airlangga Hartato saat memberikan pemapara. (sumber: kabargolkar)

“Kepada kementerian kemarin kami sudah menyampaikan bahwa anggaran yang tidak terserap dialihkan kepada program-program yang mendukung daripada produktivitas,” tambahnya.

Ia juga melaporkan, COVID-19 di Indonesia sudah lebih membaik karena angka sembuh sudah mencapai 70%. Angka tersebut lebih tinggi daripada jumlah kesembuhan global yang hanya 68,1%.

“Tingkat fatality rate-nya bisa ditekan sampai 4,35% walaupun masih sedikit di atas global rata-rata, Namun sudah jauh menurun dibandingkan dengan bulan-bulan sebelumnya, ” ujarnya.

Menurut Arilangga, beberapa program yang akan terus didorong terutama mengenai bantuan langsung atau cash.

 Bantuan langsung yang diberikan dalam waktu dekat ini adalah Banpres produktif maupun subsidi gaji di bawah Rp 5 juta. (dhanti/EB)

Related Articles

Back to top button