Kesehatan

Air Tebu vs Air Gula, Lebih Sehat Mana Bagi Penderita Diabetes?

ENERGIBANGSA.ID – Tanaman tebu kerap digunakan sebagai bahan baku pembuatan gula pasir karena rasa manis yang dihasilkannya.

Selain itu, air hasil perasan tanaman tebu juga bisa langsung dapat dikonsumsi dan dipercaya menjadi sumber energi alami yang baik bagi tubuh.

Meski berasal dari bahan yang sama, kandungan yang dimiliki air tebu secara langsung dengan gula pasir biasa ternyata berbeda, loh.

Kandungan Nutrisi Air Tebu vs Air Gula

Air tebu biasanya tidak mengalami proses pengolahan panjang terlebih dahulu layaknya pembuatan gula pasir.

Hal ini membuat kandungan nutrisi alami dari tanaman tebu masih sangat terjaga. Lantas, bagaimana dengan kandungan nutrisi pada air gula pasir?

1. Antioksidan

Air tebu mengandung antioksidan yang disebut polifenol.

Senyawa ini dapat melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, anti-peradangan dan anti-alergi.

Lain halnya dengan air gula biasa, meski terbuat dari tebu, nyatanya gula tidak memiliki kandungan antioksidan melainkan glukosa.

Sebaiknya, pilih air tebu yang diperas secara langsung untuk menghindari kerusakan nutrisi yang dikandungnya.

2. Vitamin dan Mineral

Air tebu memiliki beberapa unsur mineral meski hanya dalam jumlah kecil.

Sebelum diolah, batang tebu mengandung 187 miligram kalsium, 56 miligram fosfor, 4,8 miligram zat besi, 757 miligram kalium dan 97 miligram natrium.

Meski sedikit, tetapi jumlah ini lebih baik dibandingkan air gula yang tidak mengandung mineral apa pun.

3. Kandungan Karbohidrat dan Indeks Glikemik

Indeks glikemik adalah ukuran untuk menunjukkan seberapa cepat karbohidrat dalam makanan diubah menjadi gula darah.

Semakin tinggi nilai glikemik suatu makanan, semakin besar pengaruhnya terhadap kadar insulin dan gula darah.

Gula pasir terdiri atas sukrosa, sementara air tebu terdiri atas glukosa dan fruktosa.

Perbedaan ini membuat pengaruh pada indeks glikemik masing-masing.

Skala indeks glikemik berkisar antara 0-100.

Gula pasir memiliki indeks glikemik sebesar 68, sedangkan air tebu memiliki indeks glikemik sebesar 43.

Nilai ini tergolong rendah sehingga relatif lebih menyehatkan

4. Kalori dan Kandungan Gula

Dalam satu sendok gula pasir terdiri atas 50 kalori dan 13 gram gula.

Sedangkan segelas air tebu sebanyak 240 ml mengandung 180 kalori dan 30 gram gula.

Karena kandungan indeks glikemik dan kalori air tebu yang rendah, sehingga aman dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Sehingga, dapat disimpulkan air tebu memang lebih alami dan sehat bagi tubuh, namun baiknya tetap dikonsumsi sewajarnya.  

Departemen Kesehatan RI memberikan rekomendasi batas aman konsumsi gula harian sebesar 50 gram atau setara dengan 4 (empat) sendok makan saja.

Related Articles

Back to top button