fbpx
Kesehatan

Air Kelapa Mampu Sembuhkan Corona: Fakta Apa Hoaks?

ENERGIBANGSA.ID Hingga sampai saat ini, belum ada penelitian yang menemukan ada makanan atau minuman bisa menghilangkan Covid-19.

Namun salah satu informasi yang banyak beredar yaitu dengan mengonsumsi air kelapa muda dicampur perasan jeruk nipis, garam, dan madu.

Sempat beredar juga sebuah narasi, apabila mengonsumsinya satu jam sebelum tes swab. Maka hasilnya bisa negatif. Hal itu sama sekali tidak benar.

Ternyata tak benar (hoax)

Kabar tersebut dipastikan hoax. Dilansir situs covid19.go.id, Jumat (25/12/2020) campuran air kelapa, jeruk nipis, garam, dan madu faktanya memang bermanfaat baik buat tubuh.

Tetapi itu untuk meningkatkan daya tahan tubuh saja, tidak bisa benar-benar menghilangkan virus corona.

“Belum ada bukti klinis yang menyebutkan bahwa campuran bahan-bahan tersebut dapat menyembuhkan seseorang dari virus corona atau menghilangkan virus tersebut dari dalam tubuh pasien,” tulis Satgas Covid dalam laman resminya.

Artinya, jika mengkonsumsi air kelapa dengan dicampur atau dipisah. Hal itu hanya akan membantu memperkuat daya tahan tubuh.

Nutrisi air kelapa

Air kelapa memiliki nutrisi dan mineral dalam jumlah tinggi seperti kalsium, kalium, magnesium, natrium, mangan, dan fosfor. Manfaat air kelapa memang sudah lama dikenal sebagai sumber anti-oksidan yang baik buat tubuh, yang bisa menjaga fungsi tubuh seimbang. Terutama, pasokan energi serta keseimbangan elektrolit.

Manfaat minum air kelapa, melansir Haibunda, diantaranya digunakan sebagai pengganti koktail energi yang manis dan sangat efektif dalam merehidrasi tubuh.

Manfaat minum air kelapa lainnya adalah, untuk mengisi kembali cairan yang hilang akibat aktivitas tubuh. Air kelapa muda juga rendah kolesterol dan gula

Salah satu kekurangan air kelapa hijau terbesar adalah potensi untuk bertindak sebagai pencahar. Meminumnya bersama dengan minuman lain yang tinggi kalium atau natrium dapat menyebabkan ketidakseimbangan elektrolit. (*)

Related Articles

Back to top button