Ekonomi & Bisnis

Advertorial, Stategi Pemasaran Terbaik!

ENERGIBANGSA.ID – Salah satu sarana promosi terbaik yang sangat efektif digunakan untuk meningkatkan penjualan adalah iklan. Dan dari waktu ke waktu, teknologi untuk melakukan pengiklanan semakin canggih.

Saat ini sudah ada konsep iklan advertorial yang menawarkan produk barang ataupun jasa secara halus. Sebenarnya konsep iklan ini sudah dikenal sejak puluhan tahun yang lalu sebagai bentuk kreatif dari iklan pemasaran.

Contoh Iklan Advertorial (Sumber: saniharto.com/news-events)

Akan tetapi kini jenis iklan advertorial semakin populer. Iklan dalam bentuk advertorial ini sudah semakin banyak digunakan oleh para pelaku usaha profesional untuk memikat pasar dengan cara yang lebih halus.

Bahkan, kini semakin banyak bermunculan penyedia jasa penulisan iklan advertorial untuk memenuhi kebutuhan di kalangan pelaku usaha. Kenali iklan advertorial secara lebih lengkap agar Anda semakin mudah dalam menyusun strategi pemasaran yang tepat.

Secara mudah, iklan advertorial merupakan bentuk periklanan yang disajikan dengan gaya bahasa jurnalistik. Advertorial ini berasal dari dua kata dalam bahasa Inggris yaitu “advertising” dan “editorial”.

Advertising merupakan penyajian materi secara persuasif kepada publik melalui media massa dengan tujuan untuk mempromosikan barang atau jasa. Sementara editorial merupakan pernyataan tentang opini yang merupakan sikap resmi dari redaksi.

Tujuan utama dari iklan advertorial adalah untuk memperkenalkan serta mempromosikan suatu kegiatan, produk, atau jasa dari perusahaan kepada khalayak umum. Sedangkan fungsi utamanya adalah untuk pendamping, penerjemah, sekaligus penafsir iklan yang terdapat di media massa. 

Biasanya, terdapat dua fokus promosi yang bisa dikembangkan dalam membuat iklan advertorial, yaitu: pertama, promosi aktivitas perusahaan, seperti aktivitas pengabdian masyarakat atau bahkan acara gathering yang digelar.

Hal ini dilakukan untuk menunjukkan intensitas perusahaan dalam menjalankan fungsi pengabdian masyarakat atau bahkan untuk menunjukkan seberapa banyak klien atau nasabah dari perusahaan tersebut.

Kedua, promosi produk, seperti informasi mengenai khasiat tertentu dari kandungan produk, masalah yang sering muncul di masyarakat dan teratasi berkat produk tersebut, atau masih banyak lagi.

Secara langsung, iklan ini menggiring pembaca untuk menganggap bahwa produk tersebut memang berkualitas, berkhasiat dan menjadi solusi terbaik.

Keunggulan iklan advertoril, yakni: pertama, Lebih disukai karena terkesan tidak menggurui pembaca tentang suatu produk atau informasi penting lainnya.

Kedua, dapat menimbulkan kesan yang lebih meyakinkan kepada pembaca karena iklan ditulis dengan memperhatikan kaidah jurnalistik. Sehingga cara yang digunakan untuk menggiring pembaca adalah dengan bahasa persuasif, seperti menjabarkan contoh pengalaman nyata atau fakta di lapangan.

Ketiga, iklan jenis ini memiliki potensi yang lebih besar dalam mencapai target penjualan. Keempat, biaya untuk pembuatan iklan jenis ini cenderung lebih murah dibanding dengan iklan display. (dd/EB)

Related Articles

Back to top button