fbpx
Energi MudaKita IndonesiaMusik

Admesh Kamaleng Berpotensi Jadi Penyanyi Internasional

ENERGIBANGSA.ID – Anak bangsa patut berbangga hati karena untuk kesekian kalinya lagu karya anak bangsa populer di luar negeri. Kali ini berita baiknya datang dari Belanda, lagu ‘Hanya Rindu’ yang diciptakan dan dinyanyikan Admesh Kamaleng dicover oleh penyanyi Belanda.

Seorang penyanyi wanita asal Belanda, Emma Heesters, tertarik dengan lagu Andmesh yang berjudul Hanya Rindu. Emma Heesters menyanyikan dan membuat lagu tersebut menjadi versi bahasa Inggris dengan judul Just Missing You.

“After so many of you loved Love You 3000 I wanted to do another Indonesian song! I came across this beautiful song called Hanya Rindu by Andmesh and decided to translate it and make an English version called “Just Missing You” Really hope you like it,” tulis Emma Heesters dalam deskripsi unggahan lagu tersebut.

Kini, lagu Hanya Rindu yang dinyanyikan Emma Heesters menjadi sangat populer di YouTube. Lagu tersebut telah ditonton sebanyak hampir 6 juta kali.

Sudah ditebak, netizen Indonesia pasti memenuhi kolom komentar Emma Heesters. Banyak dari mereka yang bangga karena lagu milik Andmesh dinyanyikan wanita cantik tersebut.

“Bukti Bahwa Indonesia Punya Talenta Yang Luar Biasa, dan Tak Kalah Dengan Lagu-Lagu Di Luar Sana…Yang Dari Indonesia, Mana Suaranya… Bangga Jadi Indonesia…,” tulis salah satu netizen.

Bahkan lagu ‘Hanya Rindu’ milik Admesh Kamaleng itu sudah dicover tiga penyanyi luar negeri. Setelah Emma Heesters, kemudian covering lagu diikuti oleh penyanyi Kanada, Alexander Stewart, yang mengunggah videonya pada 14 September, dan sudah ditonton lebih dari 3,7 juta kali.

Dinyanyikan dalam Bahasa Indonesia

Setelah itu ada musisi Amerika Serikat, Kurt Hugo Schneider atau dikenal dengan nama KHS, yang mengunggah videonya di YouTube pada 25 September lalu, dan sudah ditonton 1,1 juta kali.

Bahkan yang bikin bangga adalah KHS membawakannya bersama Sam Tsui dan Jules Aurora dengan masing-masing bernyanyi dalam versi kombinasi bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

Namun ada baiknya potensi hebat mereka itu bisa lebih dikenal luas di level internasional jika bersinergi dengan peranan pemerintah. Jika kita mau menelisik bagaimana kelompok musik anak-anak muda Korea Selatan dengan budaya K-Pop itu bisa masyhur juga karena ada keterlibatan aktif pemerintah Korea Selatan dalam mempromosikan budaya K-Pop melalui Kedutaan Besar Korsel di seluruh dunia.

Dilansir dari antaranews, Kedubes Korea di Indonesia keliling ke lima kota di Indonesia untuk mengenalkan budaya K-Pop, dengan kata lain, promosi K-Pop menjadi bagian dari program diplomatik mereka.

Maka dari itu, kehebatan Andmesh Kamaleng dan penyanyi Indonesia lainnya bisa lebih dikenal luas apabila ada peran dari Kementrian Ekonomi Kreatif kita, Kementrian Luar Negeri (lewat Kedubes dan Konsulat).

Setidaknya Kedubes RI di Amerika, di Belanda, di Inggris, di Kanada mengundang Admesh Kamaleng dan memperkenalkan lagu-lagunya di sana.

Jangan biarkan Admesh Kamaleng dan anak bangsa lainnya berjuang sendirian di kompetisi kancah internasional yang sangat ketat ini.

Related Articles

Back to top button