Opini / Gagasan

Adanya Rolling Job ? Menambah Skill Karyawan ?

Oleh : Muhammad Ali

ENERGIBANGSA.ID ̶  SDM merupakan komponen penting dari sebuah perusahaan. Banyak yang mengira bahwa kesejahteraan perusahaan apabila sejahtera juga karyawannya.

Perusahaan yang baik adalah perusahaan yang memberikan sistem dan efek baik bagi psikologis karyawan karena semakin sejahtera karyawan, perusahaan akan semakin cepat dalam keseimbangan roda ekonominya.

Mengingat prospek atau tujuan suatu lembaga badan yang memang harus sepadan dengan visi misi yang dibangun serta dengan kerja sama yang baik antara karyawan dengan atasan, dan juga antar karyawan.

Perusahaan juga akan lebih berkembang ketika pola pikir setiap karyawannya berkontribusi dan aktif terhadap adaptasi rule perusahaan.

Di mana hal ini, perusahaan akan menggunakan beberapa metode untuk mencapainya diantaranya pengembangan keterampilan karyawan, kompetisi dengan reward sebagai karyawan berprestasi dan juga rolling job.

Bagaimana dengan rolling job antar karyawan akan lebih mudah mengenali dan tentang jobdesk dari pada karyawan yang lain. Dalam hal ini karyawan akan lebih menghargai kinerja karyawan yang lain dan ketika nanti ada  kebutuhan mendesak setidaknya dapat mem-back up kerjaan karyawan lainnya.

Selain itu karyawan yang mendapat rolling job akan lebih mudah beradaptasi apabila suatu saat ditempatkan di beda skill atau keahlian.

Mental karyawan juga akan lebih berani menghadapi adanya perubahan iklim budaya kerja serta penambahan skill dalam kemampuannya.

Karyawan akan lebih merasa mandiri ketika dapat menyelesaikan masalah yang bersangkutan antar jobdesk.

Selain hal tersebut tentunya akan sama-sama menguntungkan antara pihak perusahaan dan pribadi karyawan itu sendiri.

Di mana prospek akan semakin berkembang dan toleransi akan semakin terjamin serta kesejahteraan yang akan mudah meningkat.

Problem perusahaan juga pastinya akan menurun diiringi kenaikan progres positif dari kenaikan perusahaan.

*Muhammad Ali, Mahasiswa FE Manajemen Univ Wahid Hasyim

Related Articles

Back to top button