Kabar Indonesia

Acara Malam 17-an di RT 6 Sampangan Ini Mewah dan Meriah

ENERGIBANGSA.ID – Perayaan malam tirakatan sehari sebelum 17 Agustus setiap tahun biasanya (hanya) diisi dengan doa tahlil kepada pahlawan kemerdekaan dan penerimaan hadiah lomba 17-an yang diselenggarakan sebelumnya.

Namun berbeda dengan RT 6 RW 1 Sampangan, Gajahmungkur, Semarang. Malam tirakatan di sana, selain diisi dengan doa tahlil dan penerimaan hadiah, juga diisi dengan berbagai seremoni kebudayaan di berbagai tingkat usia.

Selain diselenggarakan secara mewah dan penuh gegap gempita, acara juga semakin meriah karena seluruh level usia turut menikmati euforia acara.

Salman, selaku Ketua RT 6, menyebut acara semacam ini sudah menjadi tradisi tahunan di RT-nya. Bahkan event 17-an itu bisa dibilang merupakan acara yang paling dinanti-nanti warganya.

Hal itu cukup beralasan, karena acara 17-an yang menelan dana belasan juta itu juga mendapatkan atensi dan apresiasi banyak pihak, salah satunya Kepala Kelurahan Sampangan, Supono, dalam sambutannya juga mengakui bahwa di antara semua RT di wilayahnya, RT 6 RW 1 Sampangan bisa dibilang yang terbaik.

Andi Irawan, Ketua Panitia acara 17-an RT 6 menyebut kesuksesan acara ini tidak lepas dari kerja keras bersama semua elemen warga.

“Ini bukan saya yang hebat, tapi ini adalah kerja keras warga, terutama ‘tim anti prei’ yang selalu mendampingi, dan juga bantuan mahasiswa KKN Unwahas,” ujarnya Andi Irawan pada energibangsa.id

Bagimana kemeriahan acara malam 17 Agustus di RT 6 RW 1 Sampangan Semarang? Berikut adalah fakta-fakta yang berhasil dirangkum tim energibangsa :

Menyanyikan Lagu Indonesia Raya Stansa 1, 2, dan 3

Berbeda dengan lagu Indonesia Raya kebanyakan, lagu Indonesia Raya yang dinyanyikan di RT 6 RW 1 merupakan full version dari Karya W.R. Supratman.

“itu lagu Indonesia Raya yang sebenarnya, pada waktu penjajahan tidak boleh dinyayikan, namun (sepertinya) sekarang sekolah SD sampai dengan SMA mulai dinyanyikan pada waktu upacara,” jelas Salman, Ketua RT 6.

Memiliki Banyak Generasi Berpotensi

Seakan pas dengan tema HUT RI ke-74 yang menitikberatkan pada pembangunan SDM (Sumber Daya Manusia) dengan tajuk “Menuju Indonesia Unggul”.

Moerdoko, sesepuh Sampangan menyebut bahwa anak-anak dan remaja di RT 6 RW 1 memiliki potensi bakat yang unggul.

“anak-anak dan remaja di sini memiliki bakat unggulan di semua bidang, ada yang ahli menari, ada yang ahli menyanyi, ada yang jago silat, ada yang jago perform budaya kuda lumping,” ujar Moerdoko

Penuh Hiburan Tari-Tarian

Seremoni level RT biasanya hanya penyerahan hadiah saja, berbeda dengan RT 6 RW 1 Sampangan. Acara di sana begitu meriah dengan berbagai pentas seni tarian-tarian berbagai level usia, mulai dari anak-anak, remaja, hingga dewasa. Baik tunggal, maupun berkelompok.

Kolaborasi Ibu Dawis yang Kompak

Ibu-ibu di RT 6 Sampangan ini tidak hanya pandai memasak, mengatur keuangan rumah tangga, namun juga cerdas dalam membangun sinergi dan kolaborasi.

“semua sudah dibagi job desk-nya di masing-masing posisi, jadi sudah ada yang bagian mengurus tari-tarian, sudah ada bagian yang masak, pokoknya sudah terstruktur,” ujar Surati, salah satu anggota Dawis di RT 6.

Menyediakan 1000 Doorprize

Selain menelan dana belasan juta rupiah, acara yang dihelat setahun sekali itu juga mendapat sokongan doorprize dari beberapa tokoh warga di RT 6, menunjukkan semangat gotong royong antar warga.

“Sebenarnya sudah ada kas untuk acara tujuhbelasan ini, tapi masih ada yang menyumbang sepeda BMX, ada yang menyumbang lampu hias, ada yang menyumbang hadiah,” ujar Sofi, salah satu warga.

“Minggu pagi nanti juga ada jalan santai dan hiburan dangdut, doorprize-nya ada 1000 macam,” lanjutnya.

Bagaimana sobat energi, apakah ada seremoni tingkat RT yang lebih meriah dibanding RT 6? Yuk berbagi semangat. Selamat HUT RI ke-74 ya, sobat energi.

Related Articles

Back to top button