fbpx
Otomotif

AC Mobil Sering Berdecit Saat Dinyalakan? Ternyata Ini Penyebabnya

ENERGIBANGSA.ID  (Semarang) – Seorang pengguna sosial media yang memiliki username @ashaahrz mempertanyakan penyebab Air Conditioner mobil mengeluarkan bunyi berdecit saat pertama kali dinyalakan.

AC memang merupakan salah satu fitur penting pada mobil. Rasanya jika anda tidak ingin momen perjalanan terganggu, AC mobil juga perlu perawatan rutin.

Tentu AC mobil yang mengeluarkan suara berdecit saat dinyalakan pasti ada bagian yang bermasalah didalamnya.

Penyebab umum bunyi AC yang tiba – tiba muncul saat mobil dinyalakan adalah V-Belt AC yang kemungkinan kendur atau aus dimakan usia. Cek kembali bagian tersebut dan pastikan juga tensionernya dalam keadaan baik.

Ilustrasi PembersihanAir Conditioner (AC). (sumber: otomotif)

Suara berdecit bisa juga disebabkan dari pulley kompresor AC. Periksa juga bagian dalam kompresor AC untuk memastikan semua dalam kondisi terkendali.

Pastikan juga kompresor AC tidak bocor. Bagian ini bisa saja rusak apabila ada kebocoran freon, namun pemiliknya seakan tidak peduli dan hanya menambah freon atau mengganti oli kompresor dengan oli baru.

Perlu diperhatikan bahwa jika pemilik mobil yang mulai merasakan AC mobil tidak mampu menyejukkan udara dalam kabin sebaiknya mobil perlu dibawa ke bengkel untuk dilakukan pemeriksaan menyeluruh. Jangan anggap sepele freon bocor, sebab ada oli kompresor yang akan berkurang. (buddy/EB/cnnindonesia).

Related Articles

Back to top button