Gaya Hidup

8 Manfaat Tawas untuk Kecantikan, Salah Satunya Mencerahkan Miss V

ENERGIBANGSA.ID – Mungkin sebagian besar dari kalian sudah tahu salah satu manfaat tawas adalah menghilangkan bau badan.

Sejak ratusan tahun lalu, tawas juga sudah dipercayai dapat mengatasi bau badan secara alami.

Tawas atau alum adalah bongkahan kristal yang terbuat dari air dan garam mineral bernama alium.

Hal ini membuatnya mudah larut dalam air untuk digunakan atau diaplikasikan pada tubuh.

Selain sebagai penghilang bau badan, masih banyak manfaat tawas untuk kecantikan.

Apa saja itu? Yuk, simak ulasan lengkapnya!

Manfaat Tawas untuk Kecantikan

Tawas dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kulit, seperti mengencangkan kulit, meredakan peradangan, dan mengurangi minyak pada kulit.

Untuk lebih lengkapnya, simak manfaat tawas untuk kecantikan berikut.

1. Obati Sariawan dan Bau Mulut

Tawas dapat mengatasi penumpukan bakteri di mulut yang sering kali menghasilkan sariawan dan bau mulut.

Selain itu, tawas juga dapat mengobati infeksi jamur Candida Albicans dan Candida Tropicalis pada gigi.

Untuk memakai sebagai obat kumur, rebuslah air dengan sedikit garam dalam panci sampai mendidih.

Kemudian, tuangkan bubuk tawas dan aduk sampai larut. Gunakan larutan ini sebanyak 2-3 kali sehari untuk hasil yang efektif.

2.  Obati Kutu Air

Tawas dapat mengobati kutu air berkat sifat astringent yang dapat mengempeskan dan mengeringkan permukaan kulit yang terkena kutu air.

Larutkan 2 sampai 3 sendok makan bubuk tawas ke dalam air hangat dan rendam kaki di dalam larutan tersebut selama 20 menit.

Setelah itu keringkan kaki hingga dengan handuk bersih. Lakukan cara ini secara teratur hingga kutu air hilang.

3. Mengatasi Keriput

Selain mengobati kutu air, kandungan astringent dalam tawas juga bermanfaat untuk mengatasi keriput pada kulit.

Setelah cuci muka, basahi tawas dalam air dingin dan aplikasikan secara merata di kulit, lalu biarkan hingga kering. Bilas dengan air bersih sambil menggosok pasta tawas dengan lembut.

4. Atasi Tumit Pecah

Manfaat tawas pada kulit lainnya, yaitu dapat mengatasi tumit pecah atau kering. Kamu cukup memanaskan tawas dalam wadah kosong hingga mencair dan mengeluarkan busa.

Setelah semua air menguap, matikan api dan biarkan ampasnya dingin.

Setelah itu, tumbuk ampas tawas hingga halus dan campurkan dengan sedikit minyak kelapa. Oleskan pada tumit yang pecah-pecah secara rutin.

5. Obat Cukur

Tidak sedikit orang yang sering mengalami kemerahan atau iritasi pada saat mencukur. Tak perlu khawatir karena hal ini bisa kamu obati dengan menggunakan tawas.

Setelah bercukur, gosokkan sedikit tawas pada wajah yang basah selama beberapa detik. Setelah itu, bilas dengan air hingga bersih.

6. Obat Bintitan

Manfaat tawas lainnya adalah untuk mengatasi abses mata atau bintitan. Kandungan tawas dapat menghilangkan bakteri dan virus yang menyebabkan iritasi pada mata.

Gosok tawas pada batu cendana bersama sedikit air hingga menjadi pasta. Setelah itu, oleskan pada bagian mata yang iritasi. Lakukan cara ini secara rutin hingga bintitan pada mata hilang.

7. Perontok Bulu

Tawas sudah lama digunakan sebagai perontok atau penghilang bulu. Caranya adalah dengan campurkan bubuk tawas dengan air mawar dengan perbandingan 1:2.

Cukur bulu yang tidak diinginkan dan oleskan campuran tawas ke bagian tubuh bekas cukuran. Biarkan selama 20 menit dan bersihkan secara menyeluruh dan tepuk-tepuk hingga kering.

8. Mencerahkan Miss V

Banyak orang yang mempercayai manfaat tawas untuk miss V adalah dapat mencerahkan atau mengurangi kehitaman di sekitar area kewanitaan.

Meski begitu, sampai saat ini belum ada bukti ilmiah yang menjelaskan manfaat tawas untuk miss V. Jika kamu memiliki kulit yang sensitif, sebaiknya cara ini tidak digunakan.

Perlu dingat, tawas tidak disarankan digunakan pada pemilik tipe kulit kering, ya sobat Energi.

Semoga bermanfaat!

Related Articles

Back to top button